Tips
Amankah Memakai Bulu Mata

Amankah Memakai Bulu Mata

Tertarikkah anda ketika penyanyi Syahrini heboh memasarkan bulu mata “cetar membahana” dan bulu mata “anti badai”? bulu mata lentik, tebal merupakan impian para wanita untuk mendukung penampilan mereka ketika terjun dalam kehidupan sosial. Bila tidak? Banyak wanita khawatir tak akan dapat bergabung dalam pergaulan sosial. Yang kedua adalah dengan menggunakan bulu mata para wanita penggemar bulu mata berharap mereka akan dapat menutup kekurangan mata mereka sehingga mata akan terlihat lebih bulat dan ekspresif.

Namun bagaimana bagi mereka yang tak terbiasa menggunakan bulu mata palsu? Bagi yang berkulit sensitif tetapi berbulu mata halus, jarang dan tipis tentunya menggunakan bulu mata palsu merupakan kebutuhan namun bisa membuahkan bencana karena bisa saja penggunaan bulu mata palsu justru akan menimbulkan alergi yang disebabkan lem bulu mata palsu yang melekat di bulu mata asli. Belum lagi zat pengawet yang terkandung dalam bulu mata palsu pada proses produksi yaitu formalin, dimana zat ini tak dapat ditolelir oleh beberapa jenis kulit terutama kulit yang sensitif. Bukannya cantik yang didapat namun justru kemerahan disekitar kelopak mata bahkan juga pendarahan apabila rasa gatal kemudian digaruk yang disebabkan oleh reaksi kimia lem atau zat pengawet bulu mata terhadap kulit di sekitar mata. Tak hanya itu, bulu mata asli pun akan terancam rontok sehingga dalam pemasangan bulu mata untuk meminimalisir kemungkinan tersebut maka sebaiknya tangan yang akan bersentuhan langsung saat pemasangan sebaiknya dalam kondisi bersih dan memilih bulu mata palsu yang telah mendapatkan rekomendasi dari departemen terkait yang menunjukkan bahwa bulu mata palsu tersebut cenderung aman untuk dipakai.

Lalu bagaimana untuk meminimalisir dampak dari penggunaan bulu mata palsu sebelum akhirnya menimbulkan infeksi atau alergi yang akan membuat area mata menjadi iritasi?

  1. Pilih bulu mata bersih, berkualitas dan terdaftar
    Pilih bulu mata yang bersih dan berkualitas. Tetap berhati-hati karena bulu mata yang mempunyai harga mahal belum memberikan jaminan tidak akan terjadi iritas. Sehingga sebelum menggunakan, yakinkan bahwa bulu mata yang anda beli berkualitas dan terdaftar. Hal ini semenjak pasar bebas dibuka maka impor barang termasuk bulu mata membuat barang-barang dari luar yang belum terjamin kualitasnya bebas masuk. Harga yang murah seringkali menarik konsumen. Namun berhati-hatilah karena banyak bulu mata palsu menggunakan lem putih dicampur tiner sebagai bahan perekat sehingga bila dipakai akan menimbulkan rasa gatal. Jangan sekali-kali menggunakan bulu mata berhari-hari atau bahkan pakai ulang bulu mata yang telah dilepas sebelumnya.
  2. Gunakan bulu mata sesuai kebutuhan
    Apabila kebutuhan anda terhadap pemakaian bulu mata suatu hari telah selesai maka sebaiknya bersegera untuk melepasannya apalagi bila menjelang tidur. Yang dikhawatirkan apabila anda tertidur dengan kondisi bulu mata dilepas maka saat anda tidur bisa saja tanpa sengaja menggaruknya yang menyebabkan bulu mata terlepas yang memicu lem juga terlepas sehingga dapat masuk ke dalam mata.pada tahap akhir melepaskan bulu mata maka sebaiknya anda membersihkan sisa sisa lem bulu mata dengan make up remover atau baby oil hingga area mata benar-benar bersih.
  3. Perhatikan cara memasang dan melepas bulu mata
    Melepas bulu mata tak semudah yang dibayangkan karena anda harus melepaskannya dari arah luar mata dengan perlahan. Melepaskannya dari arah bagian dalam depan mata akan memicu rasa sakit dan dapat menyebabkan bulu mata asli rontok.
  4. Jagalah kebersihan tangan dan alat bantu pasang bulu mata
    Sebelum anda memasang bulu mata, yakinkan bahwa alat dan tangan yang akan membantu proses pemasangan atau melepaskan bulu mata bersih

Jadi, siapkah anda jauh lebih berhati-hati dan disiplin bila anda memilih menggunakan bulu mata untuk menunjang penampilan agar lebih menarik?

error: Content is protected !!