Tips
Amankah Memakai Contact Lens

Amankah Memakai Contact Lens

Amankah memakai contact lens bagi kesehatan mata? Pertanyaan ini biasanya dilontarkan oleh mereka yang hendak atau ingin menggunakan contact lens sebagai pengganti kaca mata ataupun hanya sebagai gaya hidup saja.

Penggunaan contact lens memang marak dalam beberapa waktu ini. Ketertarikan untuk menggunakan contact lens tidak terlepas dari adanya beragam jenis yang disajikan oleh contact lens tersebut.

Namun apakah sebenarnya kita tahu, sudah berapa lama contact lens itu ada? Contact lens sebetulnya sudah ada sejak lama yakni sekitar tahun 1887. Namun penggunaan dari contact lens masih belum marak seperti sekarang ini.

Penggunaan contact lens masih digunakan oleh orang tertentu saja. Bahan yang digunakan pada waktu itu dalam contact lens tidak seperti sekarang ini. Bahan yang digunakan sebagai contact lens masih berupa kaca.

Namun seiring dengan perkembangan jaman maka penggunaan bahan kaca pun digantikan dengan penggunaan plastik. Namun pada awalnya, penggunaan plastik hanya pada bagian pinggir contact lens saja sedangkan pada bagian tengahnya masih menggunakan kaca.

Baru pada tahun 1946, penggunaan contact lens dengan bahan plastik secara menyeluruh mulai digunakan. Penggunaan kaca dirasakan kurang pas dan digantikan oleh jenis plastik PMMA yang digunakan pada contact lens hingga sekarang ini.

Penggunaan contact lens pada awalnya memang bertujuan sebagai pengganti kaca mata. Seseorang bisa tetap memiliki fungsi kaca mata tanpa harus menggunakan kacamata. Inilah tujuan dari penggunaan contact lens tersebut.

Namun ternyata, keberadaan contact lens pada area kornea mata mampu memberikan kesan yang lainnya. Kesan yang diberikan tersebut adalah hadirnya contact lens mampu mengubah bentuk dan warna dari kornea. Tentu saja tidak mengubah bentuknya secara keseluruhan tetapi hanya seolah tampak berubah saja.
Oleh karena itu, ada yang menggunakannya dengan tujuan bukan sebagai pengganti kacamata saja tetapi juga sebagai gaya hidup. Lalu pertanyaannya sekarang adalah amankah untuk menggunakan contact lens tersebut?

Penggunaan contact lens memang tidak sepenuhnya aman jika tidak digunakan dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan adanya kontak langsung antara kornea mata dengan contact lens sehingga bisa saja terjadi luka ataupun iritasi.

Penggunaan contact lens yang dilakukan secara rutin atau harian akan memicu terjadinya “corneal ulcers” pada penggunanya. Gejala ini merupakan kondisi terjadi luka terbuka pada bagian mata karena sering menggunakan contact lens.

Penggunaan contact lens yang kurang hati-hati memang akan menyebabkan terjadinya gesekan antara mata dengan contact lens. Hal inilahyang menyebabkan terjadinya “cornea Ulcers” sehingga timbul luka terbuka pada mata.

Pengunaan yang tidak hati-hati maka tidak akan hanya menyebabkan luka terbuka saja tetapi juga bisa mengakibatkan terjadinya kebutaan secara permanen. Meskipun hanya berupa luka terbuka saja tetapi jika tidak diobati juga akan berbahaya.

Gejala yang bisa terjadi pada kondisi ini adalah mudahnya mata mengeluarkan air mata. Tidak hanya itu saja, biasanya juga akan muncul rasa gatal dan nyeri pada bagian mata. Jika tidak segera diobati maka bisa menyebabkan kebutaan.

Selain terjadinya luka terbuka, masuknya benda asing seperti debu dan kotoran juga bisa terjadi jika menggunakan contact lens. Hal ini bisa terjadi ketika pengguna tidak benar-benar memperhatikan kebersihan dari contact lens yang digunakan.

Jika kita mau aman untuk menggunakan contact lens maka harus benar-benar memperhatikan petunjuk penggunaan yang ada di contact lens. Selain itu, kita juga harus benar-benar menjaga kebersihan dari contact lens itu sendiri.

Namun, ada baiknya juga untuk tidak menggunakannya setiap hari sehingga resiko terkena cornea ulcers juga semakin kecil. Sekarang sudah terjawab pertanyaan tentang amankah memakai contact lens. Semoga sedikit informasi ini berguna dan bermanfaat bagi kita semua dan pilihan untuk menggunakan contact lens atau tidak kembali lagi pada diri kita masing-masing.

error: Content is protected !!