History
Asal Mula Bulu Mata Palsu

Asal Mula Bulu Mata Palsu

Bulu mata yang lentik dan tebal dipercaya dapat mempercantik penampilan kaum hawa. Namun sayangnya tidak semua wanita dikaruniai bulu mata yang lentik dan indah. Untuk menyiasatinya, beberapa wanita memilih mengenakan bulu mata palsu. Seiring dengan perkembangan trend dalam dunia mode, beragam model bulu mata terus bermunculan, diantaranya bulu mata khatulistiwa, bulu mata cakrawala, bulu mata merak, dan beragam model bulu mata lainnya. Tahukah Anda bagaimana asal mula bulu mata palsu tersebut? kemunculan bulu mata dimulai sejak tahun 1916, tepatnya pada saat proses pembuatan film bisu dengan judul “Intolerance”.

Seena Owen adalah aktris yang membintangi film tersebut. Karena menginginkan penampilan yang lebih baik untuk Seena Owen yang berperan sebagai putri raja Babilonia, maka pada saat itu sang sutradara D.W Grifith memerintahkan agar dibuatkan bulu mata palsu untuk menyempurnakan performa sang aktris. Tanpa pikir panjang, si pembuat rambut palsupun berinisiatif membuatkannya dari rambut asli manusia yang dijahit pada kasa tipis yang kemudian ditempelkan pada kelopak mata Seena owen.

Awalnya, bulu mata palsu hanya digunakan oleh kalangan tertentu, misalnya artis dan kalangan kelas atas. Hal itu dikarenakan harganya yang cukup mahal, selain itu bulu mata palsu dibuat dengan teknik yang sangat sederhana sehingga penggunaannya juga tidak bisa terus menerus atau hanya beberapa jam saja. Namun sejak tahun 1950 hingga 1960-an, bulu mata palsu mengalami peningkatan dari segi teknik pembuatannya. Bebagai bahan sintesis mulai digunakan menggantikan rambut asli sehingga harga bulu mata palsu mulai terjangkau oleh berbagai kalangan.

Jenis Bulu Mata Palsu

Nah setelah mengetahui asal mula bulu mata palsu, bagaimana kalau Anda mengetahui lebih jauh tentang jenis bulu mata palsu? Bulu mata palsu dibedakan menjadi beberapa tipe yang masing-masing tipe memiliki fungsi tertentu dalam menunjang penampilan Anda sehari-hari, diantaranya :

  • Bulu mata natural, yakni bulu mata yang bentuknya sangat simple, ringan sehingga cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari, misalnya ke kantor, kuliah, ngemall, dan lain sebagainya. bulu mata jenis ini berfungsi membuat bentuk mata Anda terlihat menonjol namun tetap terkesan alami.
  • Bulu mata Volume, yakni bulu mata yang bentuknya lebih tebal dan lentik sehingga dapat menimbulkan efek yang lebih indah pada mata Anda. Jenis ini umumnya cocok digunakan dalam acara khusus, misalnya pernikahan, wisuda, dan acara special lainnya.
  • Bulu Individual Lashes, yakni bulu mata yang dapat memberikan hasil paling natural dibandingkan dengan jenis lainnya karena pengaplikasiannya memang harus disesuaikan dengan kebutuhan dan juga harapan Anda. Meskipun bersifat individual, namun bulu mata ini membantu bulu mata Anda terlihat tebal dan lentik. Hanya saja, pemasangan bulu mata jenis ini membutuhkan waktu lama dan ketelitian yang luar biasa.

Bagaimana memilih Bulu Mata Palsu?

Ingin tampil cantik dengan bulu mata palsu? Bisa saja, asalkan Anda tidak salah memilih bulu mata palsu. Karena penampilan Anda justru terlihat aneh apabila bulu mata yang Anda gunakan tidak sesuai dengan bentuk mata Anda. Nah, agar tidak salah pilih, maka pahamilah dengan benar bagaimana bentuk mata Anda. Perhatikan bentuk mata Anda di cermin, dan temukanlah bulu mata yang tepat sesuai bentuk mata Anda, sebagaimana berikut ini :

  • Bentuk mata besar, bulu mata yang cocok dikenakan adalah individual lashes pada bagian luar sudut mata, karena dapat membuat mata Anda terlihat lebih indah.
  • Bentuk mata cembung, bulu mata yang cocok dikenakan adalah bulu mata yang tebal dan panjang bagian ujung hingga ke tengah.
  • Bentuk mata kecil tak berkelopak, bulu mata yang cocok adalah model penuh dan tebal karena akan memberikan efek tebal dan lentik.
  • Bentuk mata sipit, bulu mata yang cocok adalah yang tebal bagian luarnya atau bentuknya berlapis. Untuk menyempurnakan penampilan, Anda bisa tambahkan eyeshadow dan eyeliner di bagian garis mata atas dan bawah. Selain itu, untuk memberikan kesan lebar pada mata, Anda bisa menambahkan mascara 2-3 kali.
  • Bentuk mata turun, bulu mata yang cocok yakni bulu mata dengan bentuk tipis yang ditempelkan pada bagian atas garis mata dengan tujuan agar mata terlihat seimbang.
  • Bentuk mata dalam, bulu mata yang cocok adalah yang memiliki bentuk tebal sehingga membantu mempertegas bentuk mata Anda. Agar terlihat bervolume, Anda bisa membubuhkan maskara.

Nah, sudah jelas bukan? Semoga informasi diatas dapat memperkaya wawasan Anda tentang bulu mata palsu.

error: Content is protected !!