Tips
Cara Membersihkan Tas Kulit

Cara Membersihkan Tas Kulit

Sudah sejak lama tas kulit memiliki tempat tersendiri di hati para pembeli tas. Baik pria maupun wanita, dari berbagai usia, menjatuhkan pilihan pada tas berbahan kulit binatang ini. Harganya memang jauh lebih tinggi dibandingkan tas berbahan lainnya, namun keunggulan yang dimiliki tas kulit ini sebanding dengan keharusan merogoh kocek lebih dalam.


Tas kulit memiliki daya tahan yang tinggi. Ketahanannya terhadap air menjadikan tas kulit dapat digunakan dalam cuaca apapun. Lapisan kulit yang kuat juga membuat tas kulit tidak mudah tergores oleh benda tajam sekalipun. Ditambah lagi dengan jahitan yang cukup kuat, membuat tas kulit dapat menampung berbagai barang bawaan. Sebagian dari para kolektor tas menyukai tas kulit karena awet dan luwes. Dalam hal ini, bahan kulit dan pengolahan yang tepat dalam proses penyamakan memegang peranan penting.

Saat memasuki toko-toko kerajinan kulit seperti di Tanggulangin, apa yang Anda rasakan? Ya, aroma khas dari kulit pasti menyambut Anda. Bagi sebagian orang, aroma khas kulit ini sangat digemari dan menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam menjatuhkan pilihan. Aroma ini bahkan awet selama bertahun-tahun lamanya jika tas kulit disimpan dan dirawat dengan tepat.


Perawatan dan penanganan yang tepat memang memegang peranan penting dalam mempertahankan kualitas dan keawetan tas kulit. Air panas, deterjen, sikat pakaian dan sinar matahari secara langsung adalah hal-hal yang harus dihindarkan dalam perawatan tas kulit. Meski terlihat rumit, sebenarnya merawat tas kulit bukanlah hal sulit. Anda hanya membutuhkan teknik perawatan dan penanganan yang tepat, termasuk saat tas kulit Anda terkena noda, lama tidak dipakai, ataupun pembersihan berkala. 3 teknik pembersihan berikut ini akan membantu Anda merawat tas kulit kesayangan dalam waktu singkat.

Teknik Pembersihan Jika Terkena Noda

Jika tas kulit Anda terkena noda di salah satu bagiannya, Anda dapat membersihkannya menggunakan minyak kayu putih/lotion. Langkah yang dapat Anda lakukan adalah :

  1. Siapkan kassa/kain putih bersih
  2. Oleskan minyak kayu putih/lotion ke kain
  3. Gosokkan kain ke tas kulit yang terkena noda secara perlahan
  4. Lakukan secara berulang hingga noda semakin samar llu menghilang

Teknik Pembersihan Berkala

Teknik pembersihan berkala ini penting untuk merawat agar tas kulit tetap terjaga kebersihannya. Anda cukup menggunakan semir netral, dengan langkah sebagai berikut :

  1. Siapkan semir berwarna netral dan sikat berbulu halus
  2. Semir tas, dimulai dari bagian bawah terlebih dahulu untuk memastikan semir cocok untuk tas kulit Anda.
  3. Setelah penyemiran selesai, lakukan penyikatan secara perlahan menyesuaikan tekstur kulit.
  4. Lakukan pembersihan dengan durasi 3-4 bulan sekali

Teknik Pembersihan dengan Pencucian

Jika Anda memiliki tas kulit yang sudah lama disimpan dan dirasa perlu untuk mencucinya, Anda dapat melakukan pencucian dengan sabun bayi dan air hangat. Berikut langkah kerjanya :

  1. Siapkan tas yang akan dicuci. Kosongkan tas dari semua barang isian, keluarkan bagian dalam tas untuk memudahkan pembersihan.
  2. Siapkan air hangat, sabun bayi, 2 ember dan sikat lembut. 1 ember berisi campuran air hangat dan sabun bayi, ember lainnya berisi air hangat untuk membilas.
  3. Lumuri tas kulit dengan air sabun secara merata, kemudian gosoklah tas dengan menggunakan sikat lembut secara perlahan.
  4. Bilas 3-4 kali dengan air hangat, bilasan terakhir dengan air dingin
  5. Keringkan tas. Tas diangin-anginkan di tempat teduh, tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  6. Setelah tas telah kering, oleskan lotion pada permukaan tas hingga terserap sempurna. Simpan di tempat kering dan tambahkan silica gel untuk menjaga kelembaban.

Bagaimana, mudah bukan?! Selamat mencoba.

error: Content is protected !!