Beauty
Cara Memilih Bedak Sesuai Jenis Kulit

Cara Memilih Bedak Sesuai Jenis Kulit

Bagi wanita, pemakaian bedak merupakan salah satu tindakan yang biasa dilakukan agar estetika penampilan menjadi lebih menarik. Selain terlihat lebih menarik, pemakaian bedak wajah juga dimaksudkan untuk menyamarkan warna kulit yang tidak merata atau melasma, pigmentasi atau juga dapat digunakan untuk menyamarkan lubang atau bekas jerawat dan cacar yang terdapat pada permukaan kulit wajah. Namun demikian, penggunaan bedak wajah juga tidak boleh asal dilakukan, karena harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah. Menurut salah seorang praktisi kecantikan, dikatakan bahwa penggunaan bedak wajah yang kurang tepat, akan mengurangi atau bahkan merusak estetika penampilan. Bagaimanakah kiat dan tips cara memilih bedak sesuai jenis kulit yang bisa dijadikan pertimbangan?

Kiat dan tips

Berikut beberapa kiat dan tips cara memilih bedak sesuai jenis kulit sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Test jenis kulit. Menurut salah seorang praktisi kecantikan yang membuka praktek di kawasan Surabaya, dikatakan bahwa untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam rangkaian perawatan tata rias wajah, langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mengetahui dengan pasti jenis kulit yang dimiliki apakah termasuk jenis kulit kering, normal, sensistif, berminyak atau termasuk kulit kombinasi.
  • Jenis bedak. Secara umum, jenis bedak yang tersedia di pasaran sangat beraneka ragam, baik dalam bentuk materi ataupun komposisi kimia bahan penyusun bedak yang disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki konsumen. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa terdapat berbagai jenis bedak yang bisa dipilh, antara lain mousse atau creme, padat atau compact serta tabur atau loose powder.
  • Kulit berminyak. Cara memilih bedak sesuai jenis kulit berminyak sebaiknya menggunakan bedak tabur atau loose powder untuk menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah, kemudian ratakan dengan spons lembut atau powder brush. Bentuk powder brush umumnya besar dan lebat dengan serabut kuas yang panjang dan lembut. Hindari penggunaan bedak creme atau compact yang berbahan dasar minyak atau oil base karena justru membuat wajah menjadi tampak lebih berminyak.
  • Kulit kering. Untuk jenis kulit kering, dikatakan bahwa jenis bedak yang cocok digunakan adalah bedak yang berbahan dasar minyak atau oil based. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa bedak dengan bahan dasar minyak atau oil based ini dimaksudkan untuk menjaga dan mempertahankan kelembaban alami kulit kering, sehingga kulit wajah tidak mudah pecah dan kusam serta keriput. Gunakan bedak wajah berbentuk creme atau mouse agar memberikan ekstra kelembaban pada kulit wajah.
  • Kulit normal. Sedangkan cara memilih bedak sesuai jenis kulit normal, dapat dilakukan dengan memilih bedak berbentuk apapun, baik compact/padat, mousse/creme atau bahkan bedak tabur/loose powder. Hanya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bedak tabur atau loose powder hanya dilakukan pada finishing tata rias setelah penggunaan foundation.
  • Kombinasi. Untuk kulit kombinasi, pemilihan bedak compact atau padatan bisa dipertimbangkan. Hanya saja pengaplikasian bedak sebaiknya disesuaikan dengan area wajah. Gunakan lapisan bedak yang tidak terlalu tebal pada area hidung dan kening, sedangkan pada area pipi dan dagu bisa sedikit tebal. Hal ini bertujuan agar pemakaian bedak terlihat lebih merata.

Demikianlah beberapa kiat dan tips cara memilih bedak sesuai jenis kulit yang bisa dijadikan pertimbangan. Satu hal penting yang hendaknya selalu diingat adalah usahakan memilih warna bedak yang sejenis dengan warna kulit. Pemilihan bedak dengan warna yang terlalu terang, justru akan membuat estetika penampilan menjadi kurang alami. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!