Beauty
Cara Memilih Foundation yang Tepat

Cara Memilih Foundation yang Tepat

Teknik manipulasi make up atau tata rias wajah, merupakan salah satu trik yang sering digunakan untuk menyiasati kondisi kulit dan estetika wajah yang dianggap kurang sempurna. Menurut salah seorang praktisi tata rias wajah dan rambut, dikatakan bahwa manipulasi make up dapat dilakukan dengan memperhatikan secara seksama estetika wajah, jenis peralatan make up yang diperlukan serta jenis kulit yang dimiliki, sehingga teknik manipulasi yang dilakukan akan semakin optimal. Oleh karena itu, memilih foundation yang tepat merupakan langkah awal yang perlu mendapat perhatian. Bagaimanakah kiat dan tips cara memilih foundation yang tepat untuk menambah estetika penampilan wajah dengan teknik manipulasi make up menjadi makin optimal?

Kiat dan tips

Berikut beberapa kiat dan tips cara memilih foundation yang tepat sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Jenis dan warna kulit. Memperhatikan dengan benar jenis dan warna kulit yang dimiliki, merupakan langkah awal yang tepat agar tata rias wajah menjadi optimal. Kesalahan pemilihan jenis foundation yang tidak sesuai dengan jenis dan warna kulit wajah, dapat mengakibatkan estetika penampilan menjadi kacau seperti tampak belang atau kurang merata, perbedaan warna atau bahkan memicu terjadinya gangguan kesehatan pada kulit wajah seperti jerawat, melasma atau bercak hitam, atau bahkan timbul kerutan yang merupakan tanda awal keriput dini. 
  • Bebas bahan kimia berbahaya. Beberapa jenis bahan kimia berbahaya yang digunakan pada kosmetik, seringkali luput dari perhatian calon konsumen. Menurut Departemen Kesehatan, dikatakan bahwa penggunaan bahan kimia seperti parabens, pthalates, propylene glycol ataupun tochoperol dan tochoperol asetat, lazim digunakan dalam produk tata rias wajah agar bebas dari bakteri atau digunakan juga digunakan untuk meningkatkan efektifitas make up dalam mengikat jaringan kulit.
  • Jenis foundation. Pemilihan jenis foundation merupakan salah satu cara memilih foundation yang tepat agar tata rias wajah menjadi semakin optimal. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa terdapat beberapa jenis foundation yang disesuaikan menurut bahan pelarutnya dan bentuknya yang disesuaikan dengan penggunaan serta jenis kulit wajah. Dikatakan juga bahwa terdapat beberapa jenis foundation yang dapat dipilih, seperti creme, matte, powder, liquid atau bahkan padatan/compact.
  • Test alergi. Test alergi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan foundation, apalagi jika memiliki kulit yang sensitif atau peka. Beberapa bahan kimia tertentu yang terkandung dalam kosmetik atau foundation, bisa saja merupakan alergen pemicu terjadinya alergi pada beberapa orang yang ditandai dengan inflamasi, gatal, perih, kemerahan atau bahkan timbul lenting, sedangkan bagi yang lain bahan kimia tersebut mungkin tidak memicu terjadinya alergi.
  • Harga dan kualitas. Salah satu cara memilih foundation yang tepat dan layak diketahui adalah kualitas dan harga yang ditawarkan. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa harga dan kualitas memiliki perbandingan lurus. Artinya makin mahal harga produk foundation, makin bagus pula kualitas foundation tersebut dan biasanya bebas dari bahan kosetik berbahaya karena lulus uji dermatologis.

Demikianlah beberapa kiat dan tips cara memilih foundation yang tepat untuk menambah estetika penampilan wajah yang sebaiknya perlu dijadikan pertimbangan. Namun demikian, satu hal penting yang hendaknya tetap perlu diperhatikan adalah selalu memelihara dan menjaga kesehatan kulit wajah dengan cara rutin membersihkan wajah seusai pengaplikasian make up serta selalu rutin memberikan nutrisi berupa masker ataupun lulur. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!