Diet
Cara Mengontrol Berat Badan

Cara Mengontrol Berat Badan

Berat badan cenderung mudah naik? Mungkin Anda belum melakukan cara mengontrol berat badan yang benar. Mulai saat ini, cobalah ikuti langkah-langkah ini, agar berat badan stabil.

Pilih Makanan Sehat dan Mengenyangkan

Banyak orang menghindari makanan berat dan cenderung memilih makanan ringan, untuk menurunkan berat badan. Cara ini awalnya memag berhasil membuat bobot tubuh menyusut. Tapi, setelah itu tubuh seperti meronta, karena kekurangan asupan. Akibatnya, Anda akan cenderung “balas dendam” dengan makan banyak, dan akan mengakibatkan berat badan naik lagi.

Jika ingin berat badan stabil, pilihlah makanan sehat yang mengenyangkan. Semangkuk oatmeal di pagi hari, akan membuat Anda kenyang lebih lama. Meskipun demikian, jangan melewatkan waktu makan siang. Ketika waktu makan siang tiba, santaplah sedikit karbohidrat dengan sayur. Dengan makanan sehat yang mengenyangkan, berat badan stabil, pikiranpun jernih, karena cukup asupan.

Minum Air Putih

Siapa pun tahu bahwa air putih sangat bermanfaat bagi tubuh. Air putih juga mencegah kekentalan darah, yang menyebabkan berbagai kelainan pada tubuh. Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan atau hanya ingin mengontrol berat badan, air putih dapat dijadikan pilihan. Air putih dapat mengurangi rasa lapar berlebihan. Biasakan mengonsumsi segelas air putih 10 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam. Dengan demikian, Anda tidak akan terlalu bernapsu saat mengambil porsi makanan.

Satu hal lagi, jika tubuh kekurangan cairan, otak memberi sinyal melalui rasa lapar. Jadi, Anda merasa lapar, padahal sebenarnya Anda haus, dan tubuh membutuhkan air, bukan makanan. Oleh karena itu, jika merasa lapar, jangan buru-buru mengambil makanan, tapi konsumsilah segelas air putih untuk mengatasi rasa lapar tipuan tersebut.

Awali dengan Sup

Sup adalah makanan pembuka yang lezat. Pada dasarnya, sup dikonsumsi sebagai penggugah selera makan. Namun, mengonsumsi sup akan membuat kita tidak lagi merasa terlalu lapar. Sehingga, kita tidak akan mengonsumsi makanan utama dalam jumlah besar. Berat abdan pun akan terkontrol. Jadi, jangan pernah lewatkan sup sebagai hidangan pembuka Anda.

Tidak Mudah Tergoda

Pola makan yang baik, dapat membantu kita dalam mengontrol berat badan. Pada sebuah studi di University of Pittsburgh menguak fakta bahwa wanita yang dapat menghindari godaan terhadap makanan, dapat mempertahankan berat badan idealnya. Mengontrol makanan di sini bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makan makanan manis. Anda tetap harus mengonsumsi makanan yang mengenyangkan, termasuk makanan manis. Hanya, Anda harus pandai membatasi asupan makanan manis ini, untuk mengontrol berat badan.

Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik sangat penting untuk mengontrol berat badan. Lakukan olahraga selama 5 hari dalam seminggu, 30 menit per hari. Semakin sering melakukan aktivitas fisik, semakin banyak pula kalori yang terbuang. Anda dapat memulai aktivitas fisik secara bertahap. Misalnya, 10 menit per hari, lalu ditambah secara bertahap. Bobotnya pun dapat dimulai dari yang terendah. Misalnya, hari ini Anda melakukan jalan kaki, besok jalan cepat, kemudian lari kecil. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin, ampuh untuk mengontrol berat badan.

Cek Berat Badan

Memeriksa berat badan secara berkala adalah cara mengontrol berat badan yang juga patut dilakukan. Sediakan timbangan badan di rumah. Periksalah berat badan Anda setiap harinya. Dengan mengetahui berat badan per hari, Anda dapat mengontrol asupan makanan. Selain itu, Anda juga lebih mudah menetapkan target ke depan, baik mengenai asupan makanan maupun aktivitas fisik yang akan dilakukan selanjutnya.

Itulah beberapa cara mengontrol berat badan yang dapat dilakukan. Tidak berat, kan?

error: Content is protected !!