Tips
Cara Merawat Jaket Kulit

Cara Merawat Jaket Kulit

Apakah anda termasuk pecinta produk berbahan kulit binatang? Produk fashion berbahan kulit memang selalu menjadi primadona salah satunya adalah jaket kulit. Jaket berbahan kulit binatang digemari karena beberapa alasan di antaranya adalah lebih hangat, prestice dan terlihat elegan. Namun sayangnya perawatannya juga tidak mudah. Perawatan yang tidak tepat dapat membuat jaket kulit anda kehilangan pesonanya, kumal dan bau. Bagaimana sebenarnya perawatan jaket kulit yang tepat?

Ada beberapa cara merawat jaket kulit anda agar terlihat selalu menarik, di antaranya adalah :

  1. Hindari mencuci jaket kulit dengan deterjen. Zat kimia dalam detergen yang keras dapat membuat jaket kulit kesayangan anda menjadi mudah robek, tampak kering dan terkelupas kulitnya. Namun anda bisa menggunakan sabun yang lembut, setelah itu baru anda bersihkan sisa-sisa sabun yang masih melekat.
  2. Hindari menyemprotkan parfume ke jaket kulit layaknya ke baju, sebab hal ini akan membuat jaket kulit anda menjadi tak cantik lagi
  3. Gunakanlah kapas yang dicelupkan minyak goreng untuk membersihkan noda yang terdapat dan menempel di jaket kulit anda
  4. Sesekali olesi permukaan jaket dengan lotion, seperti halnya merawat kulit tubuh kita untuk menjaga agar jaket kulit milik kita tetap lentur, kemudian gunakan lap kering yang lembut untuk membersihkan sisa lotion
  5. Gantunglah dengan alat bantu hanger. Tujuannya adalah supaya produk berbahan kulit ini tidak lembab dan berjamur.
  6. Sesekali cobalah melakukan perawatan dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk menjaga kelembaban jaket yang berbahan kulit.
  7. Bila terkena noda permukaannya, jangan tunda! Segera bersihkan agar tak terjadi kerusakan yang parah. Sangat disayangkan bila benda yang harganya relatif mahal ini rusak dengan mudahnya akibat kelalaian pemiliknya.
  8. Namun bila anda merasa tak punya cukup waktu untuk membersihkan sendiri, maka anda dapat memanfaatkan jasa perawatan jaket yang terdapat di beberapa tempat seperti di salah satu sudut mall.

Adakah teknik khusus untuk membersihkannya?

Sebelum memutuskan untuk membersihkan sendiri jaket kulit kesayangan anda, maka anda perlu mengetahui bahan-bahan yang bisa digunakan dan cara atau teknik membersihkan yang tepat, mulai dari pemilihan jenis sabun yang bisa digunakan, teknik membersihkan noda, teknik pengeringan dan cara penyimpanan.

  • Sabun. Sabun apa yang bisa digunakan untuk membersihkan jaket? Hindari menggunakan sabun berkandungan bahan kimia yang keras. Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring yang lembut, deterjen khusus untuk pakain yang halus, maupun shampoo bayi. Caranya dengan mencampurkan sabun atau shampoo sedikit saja dengan air, kemudian gunakan kain lembut atau tidak punya, anda bisa menggunakan kapas yang dibasahi cairan sabun tadi untuk membersihkan bagian yang kotor
  • Teknik melap permukaan jaket. Cara membersihkannya tidak boleh asal dan sembarangan, sebab jaket kulit merupakan produk special, sehingga perawatannya pun harus hati-hati dan benar. Perhatikanlah alur serat dari permukaan kulit, kemudian oleskan campuran sabun dan air tersebut sesuai alur serat kulit itu. Angkat sisa-sisa sabun hingga bersih benar.
  • Cara pengeringan. Teknik pengeringan harus benar-benar alami. Jangan menggunakan mesin pengering. Setelah kering, barulah anda oleskan permukaan kulit dengan cairan pelembut bahan kulit agar permukaan kulitnya tetap terjaga kelembabannya dan tidak kering. Penanganan lebih dini terhadap kotoran dan noda, merupakan solusi tuk mencegah kerusakan pada permukaan kulit jaket kesayangan anda. Hal ini disebabkan noda yang baru terbentuk relatif lebih mudah dibersihkan dibandingkan noda yang telah meresap ke dalam serat kulit.

Demikian lah beberapa tips dan cara merawat jaket kulit, semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!