Tips
Cara Merawat Kain Berbahan Sutra

Cara Merawat Kain Berbahan Sutra

Sejak jaman dahulu, sutra sudah identik dengan kemewahan. Sutra bisa ditenun menjadi kain lalu digunakan untuk membuat berbagai pakaian yang indah dan membuat pemakainya tampak lebih menarik. Kain sutra adalah kain yang halus dan harus dirawat dengan hati-hati. Namun sebenarnya kain sutra cukup mudah dibersihkan dan tidak harus selalu dicuci dengan metode dry cleaning. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam perawatan kain sutra:

  1. Cara mencuci dan mengeringkan
    Sebelum mencuci sendiri kain berbahan sutera, baca baik-baik labelnya. Jika pada label tertera “Dry Clean” artinya produsen menyarankan pencucian dengan metode dry cleaning, namun sebenarnya dicuci secara manual dengan tangan juga bisa jadi metode alternatif. Bila pada label tertera “Dry Clean Only” berarti kain tersebut harus dicuci secara dry cleaning saja. Cara mencucinya adalah dengan menggunakan air dingin yang diberi beberapa tetes sampo, sampo bayi, atau deterjen yang bersifat lembut dan kucek air hingga muncul busa di permukaannya. Kemudian rendam kain dan kucek lembut bagian yang terkena noda. Jangan mengucek kain terlalu keras karena seratnya bisa rusak. Jika noda sulit dihilangkan sebaiknya kain dicuci secara dry cleaning. Setelah itu kain direndam sebentar dalam air dingin yang di beri air perasan lemon atau cuka makan untuk menetralisir sifat basa dari sampo atau deterjen. Selanjutnya bilas kain dengan air mengalir hingga sisa sampo atau deterjen hilang. Untuk mengeringkan kain berbahan kain sutra, hindari penggunaan mesin pengering dan jangan keringkan langsung di bawah sinar matahari. Peras kain secara perlahan namun jangan diputar. Kain bisa digulung dan diletakkan di atas handuk kering untuk mengurangi jumlah air, lalu digantung dan dikeringanginkan.
  2. Cara menyetrika
    Beberapa jenis kain sutra memiliki sifat tidak mudah kusut sehingga jarang perlu disetrika. Jika memang diperlukan, gunakan suhu yang sangat rendah pada saat menyetrika. Yang terbaik adalah menyetrika kain sutra saat masih agak basah. Selanjutnya kain bisa digantung hingga kering.
  3. Cara menyimpan
    Kain atau pakaian berbahan sutra yang sering dipakai bisa digantung menggunakan gantungan dari plastik atau kayu. Untuk menyimpan pakaian sutra yang jarang digunakan, bungkus dengan tas baju berbahan katun. Simpan dalam lemari yang sejuk dan kering untuk mencegah pakaian berjamur. Jangan menyimpan pakaian berbahan sutra dalam plastik dan jangan biarkan terkena sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu lama.
  4. Cara mengemas
    Pakaian berbahan sutra ternyata praktis untuk dibawa dalam perjalanan bisnis ataupun liburan. Ini karena sutra mudah dicuci dengan tangan dan juga cepat kering. Jika ingin membawa blus sutra, lipat dahulu lengannya secara melintang di bagian depan blus. Setelah itu gulung blus dari atas ke bawah. Jika ada kerutan kecil pada blus setelah lipatan dibongkar, gantung blus semalaman sebelum dipakai maka kerutannya akan hilang. Untuk kerutan yang lebih besar, gunakan setrika dengan suhu rendah untuk menghaluskannya.

Selain keempat hal di atas, yang juga perlu diperhatikan dalam perawatan kain sutra adalah penggunaan pemutih serta pemakaian parfum atau hair spray. Karena sutra terbuat dari serat alami, jangan gunakan pemutih pakaian atau serat kainnya akan rusak. Saat menyemprotkan hair spray dan parfum berhati-hatilah agar tidak mengenai pakaian. Kandungan alkohol dalam hair spray dan parfum juga bisa merusak kain sutra.

Ternyata merawat kain sutra tidak susah ya. Perawatan yang tepat akan membuat pakaian berbahan kain sutra awet selama bertahun-tahun.

error: Content is protected !!