Diet
Cara Sehat Mengecilkan Perut

Cara Sehat Mengecilkan Perut

Siapa sih yang tidak menginginkan penampilan perut yang rata dan datar serta bebas “gelombang” ? Pasti hampir sebagian besar wanita ataupun pria mendambakan bentuk perut yang rata dan datar serta bebas buncit. Memang faktanya, memiliki perut yang buncit secara tidak langsung juga mengakibatkan estetika penampilan menjadi kurang menarik, belum lagi resiko memilih baju ataupun celana yang relatif lebih sulit agar tampak pas pada ukuran tubuh. Oleh karena berbagai efek negatif yang bisa saja terjadi akibat perut yang tampak buncit ini, maka tidak mengherankan apabila sebagian besar masyarakat berusaha untuk mengecilkan perut, baik secara modern ataupun tradisional. Apa saja kiat dan tips cara sehat mengecilkan perut yang bisa dijadikan pertimbangan?

Kiat dan tips

Berikut beberapa kiat dan tips cara sehat mengecilkan perut sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Olahraga. Olahraga merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mengecilkan ukuran perut. Namun demikian, tidak semua jenis olahraga berfungsi untuk mengecilkan perut. Beberapa jenis olahraga yang berguna untuk pengecilan perut antara lain sit-up, skipping serta jogging. Selain olahraga tanpa alat, penggunaan alat bantu seperti incline bench ataupun dumble juga dapat digunakan untuk memaksimalkan pengecilan otot perut dengan metode kombinasi sit-up, hanging leg raises ataupun crunches.
  • Senam. Selain olahraga, beberapa jenis senam tertentu juga berfungsi untuk pengecilan otot perut. Jenis senam yang lazim digunakan dalam program pengecilan perut ini adalah senam aerobik ataupun body language dengan fokus gerakan spinning, twisting ataupun reverse sit-up. Metode senam aerobik lebih mengutamakan pada gerakan fisik sedangkan senam body language lebih mengutamakan pada pengaturan pernapasan.
  • Yoga. Salah satu cara sehat mengecilkan perut yang bisa digunakan sebagai alternatif adalah gerakan yoga. Pada saat sekarang, banyak terdapat pelatihan yoga pengecilan perut yang dapat dilakukan sendiri di rumah apabila sudah mahir dan apabila belum mahir, bisa juga dilakukan pendampingan oleh instruktur yang berpengalaman. Menurut salah seorang instruktur senam yoga yang membuka praktek di kawasan Surabaya, dikatakan bahwa terdapat beberapa jenis gerakan atau pose yoga pengecilan perut yang bisa dilakukan antara lain marjarasana, bhujangsana, navasana, dhanurasana, uddiyana bandha serta crescent pose.
  • Pilates. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa pada awalnya pilates digunakan sebagai salah satu jenis gerakan terapi yang berguna untuk melatih kekuatan dan kelenturan susunan rangka tulang. Namun demikian, seiring dengan perkembangan jaman, pilates juga dapat digunakan untuk melatih dan mengecilkan otot perut dengan melakukan sedikit gerakan variasi pilates. 
  • Akupuntur. Selain berguna untuk mengatasi gangguan kesehatan, ternyata metode akupuntur juga dapat digunakan sebagai salah satu cara sehat mengecilkan perut. Menurut salah seorang praktisi akupuntur, dikatakan bahwa metode akupuntur untuk pengecilan otot perut dapat dilakukan dengan teknik laserpuncture atau akupuntur laser, Infra Red Loci Irradiation Therapy atau terapi akupunktur sinar infra merah pada titik akupuntur ataupun titik meridian tertentu untuk mempercepat metabolisme pembakaran cadangan lemak dalam tubuh.
  • Diet tepat. Melakukan pola pengaturan diet yang tepat, juga dapat dilakukan untuk mendapatkan ukuran perut yang rata dan indah. Namun demikian, metode diet yang tepat ini membutuhkan waktu yang relatif lama agar penampilan perut menjadi makin menarik.   

Demikianlah beberapa kiat dan tips cara sehat mengecilkan perut yang bisa dijadikan pertimbangan. Walaupun pada kenyataannya masih ada cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan ukuran perut yang menarik seperti penggunaan slimming tea, namun sebaiknya penggunaan metode ini harus memperhatikan dengan benar efek kesehatan yang mungkin bisa berdampak negatif, seperti dehiderasi ataupun diare berkepanjangan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!