Diet
Diet Sehat Tanpa Suntik dan Obat

Diet Sehat Tanpa Suntik dan Obat

Memiliki berat badan ideal, pastinya merupakan dambaan setiap wanita. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila berbagai macam cara dilakukan agar memiliki berat badan yang ideal ini dan seringkali sebagian besar wanita kurang memperhatikan resiko atau dampak negatif yang bisa saja terjadi apabila dilakukan dalam jangka panjang. Beberapa alternatif cara menurunkan berat badan agar mendapatkan berat badan ideal yang sering ditawarkan dan dilakukan oleh sebagian besar wanita memang terkadang kurang memperhatikan faktor kesehatan, seperti diet sembarangan, penggunaan suntik hormon atau bahkan konsumsi obat diet yang belum teruji keamanannya. Bagaimanakah kiat dan tips diet sehat tanpa suntik dan obat yang bisa dipertimbangkan untuk dilakukan?

Kiat dan tips

Berikut beberapa kiat dan tips melakukan diet sehat tanpa suntik dan obat sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Diet pisang. Program diet baru yang dikenalkan pertama kali oleh Hitoshi Watanabe dan Sumiko Watanabe dari Jepang ini, diklaim mampu menurunkan berat badan antara 5-10 kg tiap bulannya. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa pisang yang memiliki indeks glikemik rendah ini, ternyata mampu mencegah timbulnya rasa lapar yang disebabkan oleh pelepasan karbohidrat secara perlahan-lahan. Namun demikian, diet pisang yang dilakukan ini juga harus diimbangi dengan konsumsi asupan sayur dan protein yang memadai.
  • Diet glikemik. Diet glikemik adalah mengganti semua sumber karbohidrat dengan asupan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga karbohidrat akan dilepaskan secara perlahan-lahan. Pelepasan karbohidrat secara perlahan ini berguna untuk mencegah timbulnya rasa lapar ketika melakukan diet. Menurut berbagai sumber, dikatakan bahwa indeks glikemik rendah berada pada kisaran kurang dari 55, misalnya sponge cake, cake pisang, tortilla jagung, berbagai jenis buah-buahan kecuali alpukat, jus tanpa gula, serta makaroni.
  • Diet lemak. Diet lemak merupakan salah satu jenis diet sehat tanpa suntik dan obat yang bisa dipertimbangkan. Menurut salah seorang pakar nutrisi dan diet, diungkapkan bahwa asupan lemak tetap harus dipenuhi setiap hari dalam jumlah yang memadai agar proses metabolisme tubuh tidak terganggu. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa asupan lemak harian ini bermanfaat untuk mengatur proses reseptor hormonal dan kelenjar endokrin dalam tubuh.
  • Olahraga. Melakukan olahraga harian secara rutin selama 25 menit setiap hari, akan memaksimalkan diet sehat yang dijalani, termasuk diantaranya diet yang berguna untuk menurunkan berat badan. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan untuk mendukung proses diet yang sedang dijalankan antara lain skipping, bersepeda, renang ataupun joging. Sedangkan beberapa jenis olahraga senam yang bisa dilakukan antara lain aerobik, yoga ataupun pilates.
  • Akupuntur. Mengkombinasikan terapi akupuntur dengan program diet yang sedang dijalani merupakan salah satu tips diet sehat tanpa suntik dan obat yang bisa dilakukan apabila pelaku diet enggan melakukan olahraga harian. Menurut beberapa terapis akupuntur, dikatakan bahwa penggunaan terapi implant atau penanaman simpul benang pada titik meridian tertentu, bisa digunakan untuk memaksimalkan proses metabolisme tubuh serta mencegah timbulnya rasa lapar yang dipicu oleh pengurangan asupan makanan. Masih menurut sumber yang sama dikatakan bahwa jenis benang yang digunakan adalah jenis benang yang bisa berubah menjadi daging dalam jangka waktu tertentu, sehingga tidak perlu dikeluarkan dari dalam tubuh.

Demikianlah beberapa kiat dan tips melakukan diet sehat tanpa suntik dan obat yang relatif aman untuk dipertimbangkan. Namun demikian, akan lebih baik apabila mengunjungi ahli medis atau ahli diet setempat untuk mendapatkan panduan diet yang benar, tepat dan menyehatkan sesuai dengan usia dan jenis aktifitas harian yang dilakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!