Diet
Diet Tidak Makan Garam

Diet Tidak Makan Garam

Pernahkah Anda mendapat saran untuk diet tidak makan garam? Akan tetapi bagi Anda yang memiliki pekerjaan yang super aktif sebaiknya untuk tidak membatasi garam karena tubuh yang bekerja aktif sangat membutuhkan garam. Berikut ini plus minus garam itu sendiri untuk tubuh.

Dampak Negatif Diet Tidak Makan Garam

Mungkin banyak diatara Anda yang sangat merasa bersalah karena terlalu sering mengkonsumsi garam. Bahkan ada juga sebuah komunitas yang menjadikan garam sebagai musuh besar sehingga harus dihindari.

Tetapi sebuah penelitian menyebutkan bahwasanya jika Anda menjalankan diet tidak makan garam sehingga Anda benar-benar tidak mengkonsumsi garam setiap hari maka  tubuh akan terhindar dari resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Akan tetapi, penelitian tersebut juga masih dipertanyakan oleh beberapa ahli juga karena tidak semua orang yang mengkonsumsi garam memiliki efek yang buruk untuk kesehatannya.

Selain itu, mengkonsumsi asupan garam terlalu sering dapat berakibat kehilangan kadar kalsium di dalam tubuh karena sodium dan kalsium nantinya akan sama-sama dikeluarkan melalui urin. Dan ini artinya akan berdampak tidak baik dengan kesehatan tulang Anda sendiri.

Diet Tidak Makan Garam Memberikan Efek Positif untuk Kesehatan Anda

Sebenarnya banyak para ahli mengatakan bahwa jika asupan garam dikurangi hingga 50 persen dari biasanya makan akan membantu tubuh menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah menurun maka penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan jantung pun akan menurun.

Bahkan jika Anda memiliki faktor resiko terjadinya penyakit jantung baik itu dikarenakan keturunan maupun karena faktor lain, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter Anda tentang masalah pengurangan asupan garam. Hal ini dikarenakan pengurangan asupan jumlah sodium dari garam dapat memberikan efek yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Penting atau Tidaknya Diet Tidak Makan Garam

Pada dasarnya garam itu adalah sehat. Bahkan garam dapat membantu tubuh untuk menjaga sel-sel tubuh untuk selalu sehat. Akan tetapi tubuh tidak membutuhkan asupan garam yang terlalu banyak karena efeknya akan tidak baik untuk diri Anda sendiri.

Selain itu, garam juga dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi terutama pada kegiatan fisik yang berlebih.  Bahkan kandungan sodium yang terdapat pada aliran darah akan membantu otot tubuh berfungsi dengan optimal walau tubuh telah mengeluarkan banyak keringat dan juga kehilangan banyak mineral. Jadi, jika Anda merasa aktivitas Anda terlalu aktif apalagi kondisi udara yang panas, alangkah baiknya Anda menambah asupan garam di setiap makanan Anda. Tetapi penambahan asupan garam tersebut haruslah secara bertahap agar tubuh juga merespon dengan bertahap.

Solusi Tepat untuk Diet Tidak Makan Garam

Solusi yang tepat bagi Anda yang ingin menjalankan diet dengan tidak memakan garam adalah dengan tidak 100% menghilangkan garam dalam kehidupan Anda sehari-hari. Jadi sangat tepat jika Anda tetap mengkonsumsi garam tetapi dalam jumlah yang sangat cukup untuk tubuh Anda sendiri agar nantinya tubuh Anda akan bisa tetap berjalan dengan baik.

Alasan lain tentang tidak mengurangi kadar garam setiap hari adalah karena jika Anda menjalankan diet garam dengan mengurangi kadar garam maka Anda akan terhindar dari resiko sakit jantung dan stroke. Akan tetapi jika Anda terlalu rendah mengurangi asupan garam untuk tubuh maka akan membuat tingkat kolestrol dalam darah Anda meningkat.

Jadi, Anda tidak perlu melakukan diet tidak makan garam secara berlebihan karena garam itu sendiri memiliki peran yang sangat dibutuhkan untuk tubuh Anda sendiri. Bahkan secara tidak langsung, tanpa adanya asupan garam untuk tubuh akan membuat tubuh Anda tidak dapat bertahan untuk hidup.

error: Content is protected !!