Healthy Drink
Jus Sehat Untuk Balita 

Jus Sehat Untuk Balita 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah dan sayuran memiliki beragam vitamin dan mineral penting yang berguna sebagai katalisator berbagai macam proses biokimia dalam tubuh. Proses biokimia dalam tubuh ini selalu melibatkan enzym dan hormon, sehingga diperlukan asupan katalisator harian agar prosesnya tidak mengalami gangguan. Pada usia balita, pemberian asupan vitamin dan mineral bisa digunakan metode penghalusan dengan menggunakan blender sehingga menghasolkan jus. Apa saja jenis dan macam jus sehat untuk balita?

Jenis dan macam

Berikut ini beberapa jenis dan macam jus sehat untuk balita yang bisa diberikan oleh orangtua sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Pisang. Pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan serat makanan. Serat makanan pada jus pisang bermanfaat untuk mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar. Kandungan vitamin A yang dimilikinya bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata balita, sedangkan kandungan asam folatnya bermanfaat untuk perkembangan otak.
  • Tomat. Kandungan likopen pada buah tomat bermanfaat untuk memperkuat sistem immun tubuh terhadap gangguan bakteri atau organisme penyakit yang lain. Tomat juga memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan penglihatan. Kandungan serat makanan pada tomat juga bermanfaat untuk melancarkan organ pencernaan, selain itu kandungan asam folatnya penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak balita.
  • Apel. Salah satu macam jus sehat untuk balita yang lain adalah apel. An apple a day keep a doctor away, begitulah ungkapan yang sering didengar. Buah apel memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk mata, vitamin C yang berguna untuk memperkuat sistem immun tubuh terhadap gangguan penyakit dan kandungan kalsiumnya yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kandungan kalium pada apel juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kemungkinan dehiderasi.
  • Brokoli dan wortel. Brokoli dan wortel memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata balita. Kombinasi beta karoten pada wortel dan klorofil pada brokoli bermanfaat untuk menjaga kehalusan dan kesehatan kulit. Hanya saja pemberian wortel pada balita tidak disarankan diberikan secara berlebih karena menyebabkan perubahan pigmentasi pada jaringan kulit dan retina.
  • Alpukat. Alpukat memiliki kandungan asam folat yang lumayan tinggi dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak balita. kandungan Carotenoid Lutein dan Beta-Caroten pada alpukat juga bermanfaat untuk memelihara kelenturan lensa mata agar mata tidak cepat lelah ketika berakomodasi.

Salah satu jus sehat untuk balita yang bisa dipertimbangkan adalah jus bayam. Bayam memiliki kandungan mineral zat besi yang tinggi dan bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah. Sel darah merah berguna untuk mengikat oksigen yang berguna sebagai bahan bakar segala proses biokimia dalam tubuh. Berikan asupan nutrisi yang seimbang agar tumbuh kembang balita makin optimal. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!