Uncategorized
Jus Sehat untuk Ibu Hamil

Jus Sehat untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, penting kiranya menjaga kesehatan bagi ibu hamil. Pada masa kehamilan, ibu hamil dan janin memerlukan asupan berbagai macam nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan janin serta untuk menjaga kesehatan ibu hamil dari kemungkinan serangan penyakit yang membahayakan kondisi janin dan ibu hamil sendiri. Berbagai macam vitamin dan mineral serta nutrisi lain bisa didapatkan dari konsumsi buah ataupun sayur baik secara langsung atau dikonsumsi sebagai jus. Apa saja jus sehat untuk ibu hamil?

Jenis dan macam

Berikut ini beberapa jenis dan macam jus sehat untuk ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi selama kehamilan, sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Bayam. Bayam memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk pembentukan sel darah merah, sehingga ibu hamil tidak mengalami anemia. Kekurangan sel darah merah atau anemia akan menyebabkan ibu hamil mudah lelah dan pertumbuhan janin terhambat karena kurangnya suplai oksigen.
  • Brokoli. Brokoli mengandung asam folat yang tinggi dan berguna untuk pembentuntukan sel otak dan syaraf pada janin. Asam folat juga bermanfaat untuk menguatkan kandungan pada trimester pertama kehamilan sehingga memperkecil terjadinya resiko keguguran.
  • Kedelai. Kedelai memiliki kandungan protein dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Protein pada kacang kedelai digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan pada janin. Seperti halnya asam folat, asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk perkembangan otak dan jaringan syaraf otak janin. Selain itu, kedelai juga bermanfaat untuk menutrisi jaringan kulit dan organ vital pada janin serta memperkecil terjadinya kekurangan cairan amniotik pada masa kehamilan.
  • Tomat. Salah satu jenis jus sehat untuk ibu hamil yang lainnya adalah tomat. Selain kaya akan vitamin C yang berguna untuk peningkatan sistem immun tubuh, tomat juga kaya akan kalsium yang berguna untuk pembentukan tulang dan rangka pada bayi. Kekurangan kalsium semasa kehamilan akan menyebabkan janin mengambilnya dari tubuh ibu, sehingga ibu hamil rentan mengalami osteoporosis.
  • Alpukat. Kandungan serat makanan yang tinggi pada alpukat bemanfaat untuk mencegah terjadinya sembelit yang biasa dialami pada masa kehamilan. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan asam folat pada alpukat berguna untuk pembentukan jaringan syaraf dan masa otak.
  • Pisang. Selain kandungan serat makanan yang tinggi, pisang juga memiliki kandungan potassium dan kalium yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehiderasi pada masa kehamilan. Selain membahayakan janin, dehiderasi juga dapat menyebabkan ibu hamil merasa cepat lelah dan lemas.
  • Delima. Delima atau pomegranate memiliki kandungan antioksisdan yang tinggi dan berguna untuk memperkuat immunitas ibu terhadap serangan radikal bebas yang bisa berasal dari oksidasi sisa metabolisme tubuh atau pada kualitas udara yang buruk.

Demikianlah beberapa jenis dan macam jus sehat untuk ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi pada masa kehamilan. Satu hal penting yang tidak boleh dilupakan pada masa kehamilan adalah meningkatkan asupan kolesterol. Kolesterol pada masa kehamilan bermanfaat untuk pembentukan dan penyempurnaan organ genital dan jaringan syaraf otak janin sehingga pertumbuhan dan perkembangannya makin optimal. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!