Healthy Drink
Jus Sehat untuk Kulit

Jus Sehat untuk Kulit

Berbagai macam cara akan dilakukan oleh kaum wanita untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik. Bagi wanita, kulit yang sehat serta segar berseri merupakan suatu kebanggan tersendiri, sehingga tidak mengherankan apabila berbagai macam klinik kecantikan dan kesehatan kulit mayoritas dipenuhi oleh kaum wanita, padahal mayoritas biaya yang dikeluarkan untuk pemeliharaan kecantikan kulit ini juga tidak murah. Apabila mau sedikit bijak dan sabar, masih ada loh cara lain yang relatif lebih mudah dan murah, bahkan bisa dilakukan sendiri dari rumah dalam menjaga dan mempertahankan kecantikan kulit. Salah satu cara alternatif tersebut adalah pemanfaatan jus sehat untuk kulit, baik yang terbuat dari buah-buahan ataupun sayur-sayuran. Pada dasarnya baik buah-buahan ataupun sayuran tertentu memiliki kandungan karotenoid, yaitu sejenis bahan kimia tanaman yang berperan dalam mengubah warna kulit. Apa saja jenis dan macam jus buah dan sayur untuk kulit?

Jenis dan macam

Berikut ini beberapa jenis dan macam jus sehat untuk kulit baik yang terbuat dari sayur-sayuran ataupun buah-buahan sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Tomat. Buah tomat mengandung senyawa kimia lycopene. Jus buah tomat memiliki manfaat untuk membuat warna kulit menjadi lebih berwarna kemerahan sekaligus mencerahkan warna kulit.
  • Wortel. Wortel memiliki kandungan senyawa beta karoten. Jus wortel memiliki manfaat untuk membuat kulit menjadi berwarna kuning-oranye, sehingga lebih sedap dipandang mata.
  • Alpukat. Alpukat memiliki kaandungan vitamin E yang tinggi. Konsumsi jus alpukat setiap hari dapat mencegah terjadinya keriput dan tanda-tanda penuaan dini yang disebabkan oleh jenis kulit yang kering.
  • Pisang. Buah pisang memiliki kandungan vitamin E dan potassium. Konsumsi jus pisang setiap hari dapat mengembalikan kelembaban alami dan kadar minyak pada kulit, mencegah terjadinya kekeringan pada kulit serta menyamarkan bintik-bintik hitam pada kulit.
  • Pepaya. Salah satu jenis jus sehat untuk kulit yang lain adalah pepaya. Pepaya memiliki kandungan vitamin A dan enzym papain. Konsumsi jus pepaya tiap harinya dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kulit akibat bakteri ataupun radikal bebas karena enzym papain merupakan exfoliator atau antioksidan yang baik.
  • Nanas. Walaupun nanas sering dihindari oleh wanita karena dianggap sebagai salah satu faktor pemicu terjadinya keputuhan, konsumsi jus nanas setiap hari memiliki manfaat untuk menghaluskan dan melembabkan kulit kering, sehingga kulit tidak mudah bersisik, kusam, kasar dan pecah-pecah.
  • Brokoli. Brokoli banyak mengandung antioksidan, vitamin C dan vitamin E. Konsumsi jus brokoli setiap hari memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat sengatan sinar matahari ataupun radikal bebas dan membantu mempertahankan kelembaban alami kulit.

Demikianlah beberapa jenis dan macam jus sehat untuk kulit. Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan kulit, baik dikonsumsi secara langsung atau digunakan sebagai masker dan lulur. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!