Health
Langsing Setelah Melahirkan Caesar

Langsing Setelah Melahirkan Caesar

Ketika memasuki masa kehamilan, perasaan senang dan gembira pasti menginggapi semua pasangan yang sudah resmi memiliki ikatan pernikahan. Melalui kehamilan, keinginan untuk memiliki keturunan yang merupakan buah hati pernikahan akan segera terwujud. Begitu bahagianya perasaan yang dialami, sehingga pada masa kehamilan ibu hamil akan menjaga dengan baik kesehatan kehamilannya dengan cara memenuhi asupan nutrisi harian ibu hamil dalam jumlah yang diatas normal, sehingga ketika memasuki masa kehamilan tidak mengherankan apabila bobot tubuh ibu hamil akan melonjak. Namun usai melahirkan, baik melalui proses persalinan normal ataupun caesar kenaikan berat badan yang dimiliki ini mungkin saja menjadi permasalahan tersendiri.

Beda fokus dan tujuan

Perasaan ingin langsing setelah melahirkan sebenarnya merupakan hal yang wajar pada setiap wanita yang usai melahirkan. Keinginan ini disebabkan tugasnya menjaga kesehatan dan tumbuh kembang janin pada masa kehamilan sudah usai dan fokus utama berikutnya adalah menjaga kesehatan dan perkembangan bayi yang sudah tidak lagi dalam kandungan, sehingga pemberian asupan nutrisi dapat dilakukan secara langsung tanpa melalui plasenta. Pemenuhan asupan nutrisi harian yang dapat langsung diberikan kepada bayi tanpa perlu melalui plasenta, secara tidak langsung memicu keinginan dan naluri seorang ibu untuk kembali langsing seperti keadaan sebelum mengalami kehamilan. Apa saja kiat langsing setelah melahirkan caesar?

Jenis dan macam

Berikut ini akan disajikan beberapa tips dan triks langsing setelah melahirkan caesar sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Diet sehat seimbang. Lakukan diet sehat seimbang dengan memenuhi asupan nutrisi harian ibu menyusui. Jangan lakukan diet ngawur tanpa arahan dan bimbingan seorang ahli gizi, karena bisa saja diet yang dilakukan justru akan menurunkan kualitas ASI yang digunakan untuk pemenuhan asupan nutrisi harian bayi selama enam bulan kedepan. Kualitas ASI yang menurun secar tidak langsung akan menurunkan kesehatan bayi.
  • Yoga. Yoga merupakan alternatif pilihan yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan secara caesar. Gerakan yoga yang cenderung dinamis dan lentur akan memberikan keuntungan lebih dibandingkan melakukan aerobik atau olahraga berat lain. Memang olahraga berat tidak dianjurkan untuk mereka yag baru saja mengalami proses melahirkan, karena kondisi rahim yang belum sepenuhnya sehat dan kuat. Melakukan olahraga berat justru akan membuat kondisi rahim mengalami gangguan.
  • Sedot lemak. Sedot lemak atau lipposuction merupakan salah satu alternatif dalam menurunkan berat badan pasca melahirkan caesar. Namun yang perlu menjadi pertimbangan adalah faktor anastesi yang harus dijalani. Apakah aman bagi ibu yang usai melahirkan secara caesar menjalani anastesi dalam waktu yang relatif berdekatan.   
  • Ramuan tradisional. Penggunaan ramuan tradisional untuk dikonsumsi seperti penggunaan jamu ataupun penggunaan lulur dan masker dari bahan tradisional bisa saja digunakan untuk kembali melangsingkan tubuh pasca melahirkan. Penggunaan ramuan tradisional cenderung lebih aman digunakan daripada konsumsi obat pelangsing ataupun masker dan lulur modern yang mungkin menimbulkan efek samping bagi kesehatan bayi dan ibu menyusui.

Demikianlah beberapa kiat langsing setelah melahirkan caesar yang dapat dipilih sesuai dengan kondisi dan situasi ibu yang baru saja melahirkan dan menyusui. Namun demikian apapun kondisi tubuh yang dimiliki, yang paling penting adalah mempertahankan kecantikan batin dengan cara melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang ibu dengan sebaik-baiknya. Merawat dan menjaga pertumbuhan dan perkembangan bayi jauh lebih penting daripada sibuk dengan urusan pelangsingan tubuh. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!