Diet
Makanan Penyebab Kelebihan Berat Badan

Makanan Penyebab Kelebihan Berat Badan

Asupan makanan merupakan salah satu hal utama yang harus diperhatikan agar berbagai fungsi organ tubuh dalam mendukung kinerja metabolisme semakin optimal. Menurut sebuah jurnal kesehatan yang pernah dipublikasikan, dikatakan bahwa asupan makanan yang secara rutin dikonsumsi harian, hendaknya tetap memperhatikan piramida makanan gizi seimbang agar tidak memicu terjadinya gangguan kesehatan seperti kelebihan berat badan yang akhirnya dapat memicu kondisi yang lebih serius, seperti diabetes, stroke ataupun jantung koroner. Apa saja jenis dan macam makanan penyebab kelebihan berat badan yang sebaiknya dihindari?

Jenis dan macam

Berikut beberapa jenis dan macam makanan penyebab kelebihan berat badan yang diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Karbohidrat. Karbohidrat ataupun gula merupakan salah satu jenis asupan makanan yang berguna sebagai sumber tenaga atau energi untuk melakukan berbagai aktifitas harian, termasuk diantaranya dalam proses metabolisme tubuh. Ketika asupan karbohidrat lebih tinggi dibandingkan dengan kebutuhan energi tubuh harian, maka karbohidrat ini akan dikonversikan menjadi cadangan makanan berupa lemak. Oleh karena itu, asupan karbohidrat harian yang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kebutuhan asupan harian, pada akhirnya akan memicu terjadinya kelebihan berat badan. Karbohidrat banyak terdapat pada nasi putih, sagu, gandum dan aneka umbi-umbian lain seperti kentang, ketela dan ketela pohon.
  • Lemak. Asupan lemak merupakan salah satu pemicu utama terjadinya kelebihan berat badan. Dibandingkan dengan karbohidrat, kandungan energi atau kalori pada lemak lebih tinggi. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa 1 gram lemak mampu memberikan asupan energi sebesar 9 kalori, sehingga asupan lemak sebaiknya tidak terlalu banyak dan memicu terjadinya kelebihan berat badan. Lemak banyak terdapat pada gorengan, jeroan, makanan bersantan, kuning telur dan beberapa jenis olahan laut seperti udang dan kepiting.
  • Gula. Asupan makanan yang memiliki cita rasa manis, merupakan salah satu jenis makanan penyebab kelebihan berat badan yang sebaiknya juga perlu diketahui. Menurut beberapa sumber kesehatan dan kecantikan, dikatakan bahwa asupan makanan yang memiliki cita rasa manis, terutama yang berasal dari gula, mempunyai kandungan kalori yang tinggi sehingga asupannya yang berlebihan juga dapat memicu terjadinya kelebihan berat badan. Namun demikian, pemanis buatan atau rasa manis dari buah-buahan yang tersusun dari molekul monosakarida, tidak berpotensi memicu kenaikan berat badan.
  • Jus. Memang konsumsi jus merupakan salah satu jenis asupan makanan ataupun minuman yang menyehakan karena kandungan multivitamin serta mineral yang terdapat di dalamnya. Namun demikian, yang menjadi permasalahan adalah banyaknya penambahan bahan lain seperti gula ataupun susu yang memiliki kandungan lemak dan kalori tinggi. Kombinasi rasa manis dari gula dan susu merupakan salah satu penyebab naiknya berat tubuh.
  • Es krim. Selain jus buah dan sayur, konsumsi es krim juga merupakan salah satu jenis makanan penyebab kelebihan berat badan yang sebaiknya perlu diwaspadai. Menurut berbagai sumber, dikatakan bahwa sebagian besar es krim mengandung susu, telur serta bahan pemanis yang tinggi kandungan kalori dan lemaknya. Mengkonsumsi es krim dalam jangka panjang juga dapat memicu naiknya berat badan secara signifikan, apalagi jika dilakukan sambil menikmati televisi atau film.
  • Fast food dan junk food. Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa olahan makanan fast food ataupun junk food memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang tinggi serta minim vitamin dan mineral, apalagi jika junk food ataupun fast food yang dikonsumsi terbuat dari olahan daging, telur, keju serta mayonaise. Beberapa jenis junk food yang rawan menyebabkan kenaikan berat badan apabila rutin dikonsumsi dalam jangka panjang antara lain pizza daging, burger daging dan keju, serta kebab.

Demikianlah beberapa jenis dan macam makanan penyebab kelebihan berat badan yang sebaiknya perlu diketahui. Akan lebih baik apabila konsumsi asupan makanan tersebut dikurangi konsumsinya atau bahkan dihindari apabila memiliki gangguan kesehatan seperti diabetes maupun kolesterol tinggi. Lakukan juga olahraga rutin setiap hari minimal 30 menit agar cadangan makanan pemicu kenaikan berat badan dapat dikurangi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!