Beauty
Manfaat Bawang Merah untuk Rambut

Manfaat Bawang Merah untuk Rambut

Bawang merah adalah salah satu jenis tanaman yang banyak dikenal sebagai bumbu makanan. Selain sebagai bumbu makanan ini, bawang merah juga memiliki khasiat atau manfaat pada beberapa hal yang lain. Salah satunya adalah manfaat bawang merah untuk rambut.

Rambut adalah bagian dari tubuh manusia yang sering kali mendapatkan perhatian lebih. Dalam hal ini, rambut sering dikatakan sebagai mahkota karenanya selalu saja dilakukan berbagai bentuk perawatan untuk membuat penampilan dari rambut menjadi lebih baik dan lebih menarik lagi.

Berbagai bahan telah dicoba untuk digunakan sebagai alat perawatan untuk rambut ini. mulai dari bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar lingkungan kehidupan kita dan juga bahan kimia hasil olahan pabrik. Semua bahan ini memiliki tujuan penggunaan yang sama yaitu untuk membuat penampilan rambut menjadi lebih baik.

Salah satu bahan dari alam yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut ini adalah bawang merah. Bawang merah adalah sejenis tanaman umbi yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Kegunaan dari bawang merah untuk perawatan rambut ini semata karena kandungan yang ada di dalamnya.

Bawang merah mengandung zat yang disebut dengan istilah flavonglikosida yang merupakan zat yang berguna untuk antiradang, mampu membunuh baktri yang ada dan juga untuk menurunkan panas. Selain itu, protein, lemak, kalsium, fosfor dan vitamin B1 serta vitamin C dapat ditemukan di dalamnya. Karena inilah maka terdapat manfaat bawang merah bagi rambut, di antaranya adalah:

  1. Mengurangi rambut rontok. Rambut rontok menjadi salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu. Bawang merah dapat digunakan untuk mengatasi satu masalah rambut ini. kandungan sulfur yang ditemukan di dalam bawang merah inilah yang mampu untuk meningkatkan sirkulasi darah yang ada di bagian kepala serta mampu untuk membuat rambut lebih kuat. Cara penggunaan bawang merah untuk hal ini adalah dengan cara menghaluskan bawamg merah dengan cara diblender. Kemudian bawang merah yang telah halus ini diusapkan ke kulit kepala sambil dipijat perlahan. Sebelum dibersihkan, rambut ditutup dengan handuk hangat untuk lebih meresapkan kandungan bawang merah ke kulit kepala.
  2. Meningkatkan proses pertumbuhan rambut. Hal inipun juga disebabkan oleh kandungan sulfur yang ada di dalam bawang merah. Cara yang sama dapat dilakukan yaitu dengan menghaluskan bawang merah dan kemudian mengusapkannya ke kulit kepala. Setelah menunggu selama beberapa menit, maka rambut dapat dibilas dengan menggunakan shampo sampai rambut menjadi bersih.
  3. Mengurangi munculnya ketombe. Ketombe juga menjadi salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu kepercayaan diri seseorang. Bawang merah dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Cara yang dilakukan adalah dengan menghaluskan bawang merah dan kemudian mencampurnya dengan beberapa tetes air perasan jeruk lemon dan madu. Kemudian, campuran inipun dioleskan ke rambut sambil dipijat perlahan. Diamkan rambut selama beberapa menit dan kemudian dibersihkan dengan menggunakan shampoo.
  4. Mengatasi masalah kulit kepala yang dijangkiti oleh jamur atau sejenisnya. Pertumbuhan jamur di kulit kepala dapat menyebabkan beberapa masalah rambut, seperti infeksi yang ada di kulit kepala. Infeksi inipun akan menurunkan kesehatan dari kulit kepala sendiri dan juga rambut. Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi penampilan dari rambut itu sendiri. Masalah rambut yang lainnya juga akan muncul karena penyebab ini.

untuk mengatasi hal ini bawang merah juga dapat dihaluskan dan kemudian dioleskan ke bagian kulit kepala secara merata. Olesan bawang merah ini akan mampu untuk membuka pori-pori dari kulit kepala yang tersumbat dan kemudian mengatasi infeksi yang ada.

Inilah beberapa manfaat bawang merah untuk rambut. Selain untuk hal ini, bawang merah juga berkhasiat untuk membantu dalam beberapa masalah kesehatan yang lainnya.

error: Content is protected !!