Beauty
Manfaat Jus Jahe untuk Rambut

Manfaat Jus Jahe untuk Rambut

Jahe adalah salah satu jenis tanaman rimpang yang dikenal nikmat untuk dikonsumsi, apalagi pada saat hawa dingin karena jahe mengandung zat yang mampu menghangatkan tubuh. Jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale ternyata tidak sekedar bermanfaat untuk tubuh, namun juga baik untuk rambut. Adapun manfaat jus jahe untuk rambut antara lain adalah sebagai berikut :

Jahe mengandung senyawa fenol. Senyawa fenol memberikan manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan kulit kepala. Senyawa fenol tersebut mempunyai kemampuan sebagai antibakteri di mana senyawa antibakteri sangat penting untuk mencegah terjadinya ketombe dan penyakit yang berhubungan dengan kulit kepala. Ketombe disebabkan oleh bakteri. Bakteri menyebabkan infeksi yang menimbulkan kulit kepala menjadi kering dan pecah serta mengelupas. Ketombe membuat penampilan terkesan tidak rapih dan tidak bersih. Warna kulit kepala yang mengelupas dan menimbulkan seperti serpihan kecil putih dan mengotori pakaian, dapat namapak jelas kalau si pemilik rambut mengenakan baju berwarna gelap. Penggunaan jus jahe sebagai bahan yang dapat mengurangi ketombe, sangat efektif, caranya adalah dengan mengusap kulit kepala menggunakan jus jahe secara merata sebagaimana mengenakan tonik rambut, di mana rambut dalam keadaan setelah keramas dan masih basah. Setelah itu dipijit-pijit. Kemudian didiamkan sebentar dan selanjutnya dibilas dengan air hangat.

Jus jahe juga mengandung bahan yang dapat membantu melembabkan kulit kepala dan mencegah terjadinya kekeringan pada rambut yang membuat rambut menjadi kering dan bercbang. Untuk penggunaan jus jahe sebagai anti rambut pecah dan bercabang adalah mencampur jus jahe dengan obat creambath, lalu creambath seperti biasa menggunakan ekstrak jahe tersebut. Atau dapat juga secara praktis dengan mengaplikasikan jus jahe pada rambut yang masih basah setelah keramas, setelah itu dipijit perlahan dan didiamkan selama lebih kurang 10 menit dengan rambut ditutup handuk yang dibasahi air hangat. Setelah 10 menit, rambut dibilas hingga bersih dan dapat dikeringkan. Penggunaan jus jahe untuk rambut kering dilakukan setiap satu minggu sekali.

Manfaat jus jahe untuk rambut lainnya adalah menguatkan akar rambut. Jahe hampir menyerupai produk ginseng. Senyawa zingiberaceae telah terbukti mampu menguatkan akar rambut dan mencegah terjadinya kerontokan serta rambut yang patah. Rambut rontok dan patah merupakan problema rambut yang selain disebabkan oleh kondisi rambut kurang nutrisi dan kering, juga dapat disebabkan oleh rambut yang kurang kuat baik akar maupun helaiannya. Cara menggunakannnya adalah dengan m engaplikasikan jus jahe pada setiap kali keramas, caranya adalah dengan keramas menggunakan shampo seperti biasa, kemudian setelah itu dibilas hingga bersih lalu diaplikasikan jus jahe yang kental dengan cara meratakannya pada rambut yang masih basah tersebut lalu dipijat secara merata. Setelah itu didiamkan selama lebih kurang 5 menit, kemudian dikeramas lagi menggunakan shampo yang sama dengan shampo saat pertama keramas. Namun yang perlu dilakukan adalah pada keramas tahap kedua ini dipakai air hangat untuk membilas sehingga terjadi pembukaan pori-pori kulit untuk menghilangkan kotoran.

error: Content is protected !!