Health
Manfaat Jus Sirsak 

Manfaat Jus Sirsak 

Bagi sebagian orang, menikmati segelas jus sirsak yang segar ketika suasana panas menyerang pastilah sangat menyegarkan. Rasanya yang sedikit masam ditambah dengan teksturnya yang agak kental memang sedikit menyusahkan ketika menggunakan sedotan untuk menikmati jus ini. Dibalik rasanya yang sedikit masam, ternyata jus sirsak memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja jenis dan macam manfaat jus sirsak bagi kesehatan tubuh?

Jenis dan macam

Berikut ini beberapa jenis dan macam manfaat jus sirsak sebagaimana diolah dari berbagai sember, yaitu:

  • Immunitas. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah sirsak ini berguna untuk memperkuat sistem immun tubuh dari berbagai macam serangan bakteri, parasit, jamur ataupun patogen lain yang hendak menginfeksi atau menyerang tubuh. Kandungan vitamin C juga berguna sebagai antiinflamasi atau anti peradangan dan perdarahan pada organ pencernaan makanan.
  • Keropos. Kandungan fosfor dan kalsium pada buah sirsak juga berguna untuk pembentukan masa tulang, sehingga tulang memiliki density atau rapat jenis yang besar. Masa tulang yang padat akan mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang akibat diambilnya kalsium tulang oleh tubuh apabila asupan kalsium harian tidak tercukupi.
  • Pencernaan. Kandungan serat pada buah sirsak bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan organ pencernaan makanan, terutama usus. Dengan pemenuhan serat makanan yang cukup, gangguan sembelit atau kesulitan buang air besar akan dapat diatasi. 
  • Batu empedu. Salah satu manfaat jus sirsak yang lainnya adalah pencegahan terjadinya batu empedu yang mengendap pada ginjal. Batu empedu yang mengendap pada ginjal dan luruh kedalam kandung kemih akan memicu terjadinya anyang-anyangen atau serasa ingin berkemih terus ataupun bila berkemih, urine yang keluar hanya sedikit. Pada keadaan yang parah, perasaan ingin berkemih atau berkemih sedikit-sedikit ini akan berkembang menjadi kencing batu. 
  • Penuaan dini. Kandungan vitamin C dan E pada buah sirsak bermanfaat untuk melenturkan dan menutrisi kulit, sehingga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penuaan dini yang disebabkan oleh kulit kering dan keriput.
  • Asam urat. Asam urat merupakan salah satu gangguan penyakit yang biasanya menyerang persendian ataupun ruas jari-jari pada kaki ataupun tangan dan dipicu oleh tingginya kadar purin dalam darah. Sirsak memiliki manfaat untuk mengontrol produksi purin yang dipicu oleh liver dan empedu, sehingga memperkecil resiko serangan asam urat.

Demikianlah beberapa jenis dan macam manfaat jus sirsak bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya khasiat dan manfaat sirsak ini tidak hanya terdapat pada buahnya saja, justru manfaat terbesar sirsak terdapat pada daunnya. Daun sirsak memiliki berbagai macam zat anti kanker yang bermanfaat untuk menghambat dan membunuh sel kanker agar tidak tumbuh dan berkembang serta menginfeksi jaringan disekitarnya. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!