Healthy Drink
Manfaat Jus Wortel

Manfaat Jus Wortel

Wortel memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Baik untuk tubuh bagian dalam dan untuk tubuh bagian luar. Tapi dalam memilih wortel untuk dikonsumsi apalagi ingin dibuat jus wortel perlu memilih wortel dalam kondisi bagus karena jika mengkonsumsi wortel saat masih segar, manfaat jus wortel nantinya yang akan diminum jauh lebih memiliki nilai gizi yang tinggi jika dibandingkan dengan wortel yang sudah kurang segar.


Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat jus wortel untuk kesehatan tubuh Anda yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengatasi Sembelit
    Saat Anda mengalami sembelit, jangan panik. Ambil 2 buah wortel yang masih muda dan cuci hingga bersih lalu parut wortel. Sebelum air wortel diperas, tambahkan terlebih dahulu 2 sendok makan air matang dan sedikit tambahan garam. Setelah itu baru Anda peras dan minum airnya 2 kali sehari hingga sembelit Anda hilang.
  2. Membantu Mengatasi Hipertensi
    Anda punya penyakit hipertensi? Cobalah mengatasinya dengan meminum jus wortel karena manfaat jus wortel mampu mengatasi penyakit hipertensi Anda. Caranya Anda ambil 500 gram wortel dan Anda cuci hingga bersih. Berikan sedikit air matang lalu blenderlah wortel tersebut. Setelah Anda saring airnya, segera Anda minum. Jika Anda rutin minimal 3 kali sehari, perlahan hipertensi Anda akan turun.
  3. Mampu Menyembuhkan Batuk
    Terkadang, saat batuk menyerang, Anda pasti langsung buru-buru ke dokter atau ke apotik untuk mendapatkan obat batuk. Tapi mulai sekarang, jadilah wortel ini sebagai obat untuk menyembuhkan batuk Anda dan keluarga. Caranya adalah parut sebatang wortel yang sebelumnya sudah Anda cuci bersih. Sebelum Anda peras, tambahkan beberapa sendok air panas lalu ambil airnya. Setelah itu tambahkan sedikit gula aren supaya lebih manis dan aduk hingga rata. Minumlah jus wortel tersebut minimal 2 kali dalam sehari.
  4. Meredakan Demam Anak
    Jangan khawatir dan panik jika keluarga Anda terutama pada anak Anda jika mengalami demam. Ambillah sari dari perasan 200 gram buah wortel yang sudah Anda cuci dan Anda parut. Setelah itu rebus air perasan wortel tersebut dan minum di saat masih hangat. Minum 3 kali sehari hingga demam hilang.
  5. Dapat Mengatasi Nyeri Haid
    Bagi sebagian wanita, saat haid akan datang, nyeri saat haid datang tidak dapat dihindari. Tapi Anda pun tidak bisa selamanya untuk membiarkan nyeri haid itu datang dan mengganggu rutinitas Anda sehari-hari. Caranya adalah bersihkan dan potong-potong 250 gram wortel. Tambahkan sedikit air matang lalu blender wortelnya. Rajinlah minum jus wortel ini minimal 2 kali sehari sebelum nyeri haid datang. Jika rajin meminumnya, nyeri haid Anda tidak akan datang lagi.

Manfaat Jus Wortel Lainnya

Selain untuk mengatasi dan mengobati penyakit yang biasa terjadi di kehidupan Anda, manfaat jus wortel memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan masa depan Anda.

  1. Agar terhindar dari rabun senja di usia dini, Anda bisa meminum jus wortel pagi, siang, dan malam hari setiap hari. Bahkan untuk bayi Anda pun juga sangat bagus dengan dicampurkan ke dalam susu agar daya penglihatan bayi Anda bagus.
  2. Agar Anda tercegah dari penyakit kanker, minumlah jus wortel minimal sehari sekali. Karena beta karoten yang terdapat pada buah wortel sangat tinggi dan memiliki antioksidan yang bagus yang dapat membantu Anda melawan radikal bebas penyebab terjadinya kanker.
  3. Anda pecinta kuliner? Hati-hati dengan yang namanya kolestrol. Untuk mengantisipasinya selalu minum jus wortel setelah makan karena wortel mengandung pektin yang sangat baik untuk mencegah atau menurunkan kolestrol dalam darah.

Walau manfaat jus wortel untuk tubuh sangat banyak tapi Anda tidak boleh terlalu berlebihan untuk meminumnya karena jika Anda terlalu berlebihan maka Anda akan mengalami karotenosis yang mana kulit Anda akan berwarna seperti warna wortel. Walau terbilang tidak berbahaya tetapi akan sangat mengganggu penampilan Anda.

error: Content is protected !!