Beauty
Manfaat Kacang Hijau untuk Kecantikan

Manfaat Kacang Hijau untuk Kecantikan

Olahan makanan yang terbuat dari kacang hijau seperti bubur, bakpia, bakpau atau bahkan es bubur kacang hijau, memang merupakan salah satu jenis variasi olahan makanan yang barangkali tidak memiliki banyak peminat dibandingkan dengan olahan yang terbuat dari coklat. Namun demikian, sebenarnya kandungan nutrisi kacang hijau juga tidak kalah dengan coklat, terutama dalam kandungan protein nabatinya. Selain berguna sebagai alternatif olahan makanan, ternyata kacang hijau juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan kulit tubuh dan wajah apabila dikonsumsi secara langsung ataupun diolah dan digunakan sebagai masker wajah. Apa saja kegunaan dan manfaat kacang hijau untuk kecantikan wajah yang sebaiknya perlu diketahui?

Kegunaan dan manfaat

Berikut beberapa kegunaan dan manfaat kacang hijau untuk kecantikan wajah sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Elastisitas. Menurut berbagai sumber, dikatakan bahwa kandungan protein pada kacang hijau sangatlah tinggi yaitu pada kisaran 24%. Lebih lanjut dikatakan bahwa kandungan protein yang tinggi pada kacang hijaui ini merupakan salah satu bahan baku pembentukan kolagen pada jaringan kulit dan tulang, sehingga elastisitas kulit tubuh dan wajah tetap terjaga.
  • Keriput dini. Elastisitas kulit yang tetap terjaga, secara tidak langsung akan mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput ataupun stretch mark. Menurut salah seorang praktisi kecantikan kulit tubuh dan wajah, dikatakan bahwa keriput dini merupakan salah satu gejala yang tampak akibat menurunnya produksi kolagen pada tubuh.
  • Pelindung dari radikal bebas. Salah satu manfaat kacang hijau untuk kecantikan wajah yang perlu diketahui adalah pelindung dari serangan radikal bebas. Menurut rilis Departemen Kesehatan, dikatakan bahwa kacang hijau memiliki kandungan vitamin E yang berguna untuk melindungi kulit dari serangan radikal bebas yang terdapat pada kualitas udara yang buruk, sisa metabolisme tubuh ataupun asupan makanan. Masih menurut sumber yang sama dikatakan bahwa vitamin E merupakan salah satu jenis antioksidan, walaupun mungkin tidak sekuat vitamin C.
  • Kering dan bersisik. Menurut salah seorang praktisi kecantikan yang membuka salon kecantikan dan spa, dikatakan bahwa kacang hijau memiliki manfaat untuk mengatasi kulit kering serta bersisik. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa kacang hijau memiliki kandungan vitamin B yang merupakan katalisator biokimia mineral magnesium yang berguna untuk mempertahankan produksi kelenjar minyak pada kulit wajah, sehingga kulit wajah terhindar dari kekeringan ataupun bersisik.
  • Melasma. Melasma merupakan salah satu bentuk gangguan pigmentasi pada kulit yang ditandai dengan timbulnya bintik hitam, memang biasa terjadi ketika usia tidak lagi muda. Salah satu manfaat kacang hijau untuk kecantikan wajah yang perlu diketahui adalah menghambat pembentukan melasma yang disebabkan oleh radikal bebas dengan meningkatkan kemampuan antioksidan. Antioksidan yang terdapat pada kacang hijau berupa vitamin E yang memang tidak sekuat vitamin C dalam menangkal kerusakan jaringan kulit akibat radikal bebas.
  • Phytoesterogen sintetis. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa kacang hijau memiliki kandungan senyawa asam etanoat yang mampu mensintesa hormon esterogen buatan yang berguna untuk mengatur keseimbangan metabolisme tubuh. Namun demikian, kandungan asam etanoat pada kacang hijau yang bermanfaat untuk mensintesa phytoesterogen sintetis ini tidaklah sebanyak pada kacang kedelai.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat kacang hijau untuk kecantikan wajah yang sebaiknya perlu diketahui. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari kacang hijau ini, ada baiknya jika diimbangi juga dengan melakukan pola hidup sehat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!