Beauty
Manfaat Krim Malam

Manfaat Krim Malam

Salah satu rangkaian perawatan kulit yang bisa dilakukan agar kulit tetap terjaga kemudaan dan elastisitasnya adalah penggunaan krim siang dan krim malam. Kedua jenis krim kulit wajah ini mempunyai kandungan atau komposisi kimia yang berbeda. Krim siang cenderung memiliki komposisi kimia yang bermanfaat untuk mencegah dan melindungi terjadinya kerusakan kulit akibat sinar UV matahari sedangkan krim malam memiliki komposisi kimia yang lebih mengutamakan pada proses perawatan dan kesehatan kulit wajah. Sebagaimana diketahui, ketika malam hari, aktifitas tubuh lebih banyak digunakan untuk beristirahat sehingga komposisi kimia untuk menjaga kesehatan kulit lebih banyak terkandung pada krim malam. Apa saja kegunaan dan manfaat krim malam yang sebaiknya perlu diketahui?

Kegunaan dan manfaat

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat krim malam sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Gejala penuaan. Beberapa gejala penuaan dini seperti keriput, garis wajah ataupun flek hitam dan flek gelap pada kulit dapat dicegah. Bagi beberapa wanita tertentu, gejala dan tanda-tanda penuaan dini yang terjadi secara tidak langsung akan berpengaruh juga terhadap profesi yang sedang ditekuni.
  • Radikal bebas. Krim malam juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan jaringan kulit akibat radikal bebas sebagai efek samping metabolisme tubuh saat beristirahat malam. Kerusakan jaringan kulit akibat radikal bebas ini dapat dicegah karena sebagian besar krim malam mengandung antioksidan yang tinggi.
  • Kelembaban alami kulit. Krim malam biasanya mengandung asam lemak esensial yang tinggi sehingga dapat mempertahankan kelembaban alami kulit. Sebagian besar kelembaban alami kulit dapat hilang ketika tidur akibat penggunaan AC ataupun proses respirasi.
  • Kolagen. Salah satu manfaat krim malam yang lain adalah menutrisi jaringan kuit. Sebagian besar krim malam memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Kolagen bermanfaat untuk memperkuat ikatan antar jaringan kulit sehingga dapat mencegah terjadinya kulit yang pecah-pecah akibat rendahnya kekuatan ikatan antar jaringan kulit.
  • Elastisitas dan regenerasi. Sebagian besar krim malam mengandung retinol, glycolic acid, asam asetat dan retinil salicyclic. Menurut berbagai sumber, ketiga jenis nutrisi ini bermanfaat untuk mempertahankan elastisitas dan kekencangan kulit serta untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, sehingga kulit wajah akan senantiasa kencang dan awet muda.
  • Nutrisi. Sebagian besar krim malam juga mengandung formula ultra-hydrating dan deep nourishing yang berguna untuk memberikan nutrisi pada kulit hingga lapisan paling dalam. Salah satu manfaat krim malamini didapatkan dari kandungan vitamin C, Vitamen E dan kolagen yang merupakan sebagian besar komposisi penyusun krim malam.
  • Optimalisasi hormon dan enzym. Krim malam juga bermanfaat sebagai stimulan untuk memperlancar kinerja hormon dan enzym, terutama yang berhubungan dengan kesehatan kulit dengan cara meningkatkan sensitifitas reseptor hormon pada lapisan jaringan kulit bagian bawah. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Inggris, disimpulkan bahwa beberapa wanita yang rutin menggunakan krim malam sebelum tidur mempunyai kadar kolagen yang lebih tinggi pada jaringan kulitnya dibandingkan mereka yang tidak menggunakan krim malam. Namun sepertinya hasil penelitian ini masih membutuhkan penelitian lebih jauh, karena penelitian ini tidak memperhitungkan asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh peserta percobaan.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat krim malam yang sebaiknya perlu diketahui. Akan lebih baik apabila sebelum menggunakan krim malam untuk kulit wajah, terlebih dahulu dilakukan proses pembersihan dan scrubbing untuk mengoptimalkan khasiatnya. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!