Beauty
Manfaat Krim Siang

Manfaat Krim Siang

Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah agar tetap berseri, bercahaya dan awet muda, merupakan salah satu tujuan utama penggunaan produk-produk perawatan wajah baik secara alami ataupun tradisional. Sudah bukan rahasia lagi bahwa kecantikan kulit wajah yang tetap terpelihara merupakan salah satu cara untuk menambah nilai estetika dan mempercantik penampilan yang pada akhirnya berimbas pula pada meningkatnya kepercayaan diri ketika harus berbaur dengan masyarakat. Salah satu jenis produk perawatan kulit wajah yang seingkali digunakan adalah penggunaan krim siang ataupun penggunaan krim malam. Kedua jenis krim perawatan kulit wajah ini tentunya memiliki perbedaan waktu penggunaan dan komposisi kimia penyusunnya. Apa saja kegunaan dan manfaat krim siang yang perlu diketahui?

Kegunaan dan manfaat

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat krim siang sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Melembabkan kulit. Idealnya, krim siang harus dapat menjaga dan mempertahankan kelembaban alami kulit akibat paparan sinar UV matahari. Sebagaimana diketahui, radiasi sinar UV pada matahari dapat merusak struktur jaringan kulit dengan cara menghilangkan kelembaban kulit sehingga kulit menjadi kering.
  • Melindungi. Krim siang juga bermanfaat untuk melindungi kerusakan kulit akibat radikal bebas yang terdapat pada oksidasi makanan, sinar UV matahari serta kualitas udara yang buruk seperti polusi udara. Radikal bebas merupakan salah satu jenis zat yang dapat merusak jaringan tubuh karena sifatnya yang menghalangi reseptor hormon. Perhatikan dengan seksama bahwa krim siang minimal mengandung Sun Protection Formula atau SPF yang berguna seperti lapisan pelindung kulit dari terpaan sinar UV matahari.
  • Pigmentasi. Warna kulit yang tidak sewarna atau biasa di kenal dengan kulit belang, flek-flek hitam merupakan salah satu gejala pigmentasi atau perubahan warna kulit yang dapat mengganggu penampilan dan estetika. Apabila dibiarkan, bisa jadi pigmentasi merupakan salah satu gejala awal kanker kulit. Pencegahan terjadinya pigmentasi kulit merupakan salah satu manfaat krim siang.
  • Menghaluskan. Selain melembabkan, krim siang juga bermanfaat untuk menghaluskan permukaan kulit dari sel-sel kulit mati yang tidak segera terlepaskan dari jaringan permukaan. Sel-sel kulit mati yang telah rusak selain memperlambat regenerasi kulit, juga menyebabkan kulit menjadi terkesan kasar.  
  • Meremajakan. Penggunaan krim siang juga bermanfaat untuk meremajakan kulit dengan merangsang agar sel-sel kulit mati yang telah mati segera terlepas dari permukaan jaringan kulit.
  • Elastisitas. Krim siang juga bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan elastisitas kulit dengan cara menjaga dan mempertahankan elastisitas sambungan antar sel dan jaringan kulit. Jaringan kulit yang elastis akan meminimalkan resiko inflamasi akibat sengatan sinar UV matahari, infeksi permukaan kulit ataupun iritasi. Elastisitas kulit juga bermanfaat untuk penyembuhan luka terbuka pada permukaan kulit agar cepat menutup kembali.
  • Nutrisi. Idealnya krim siang juga bermanfaat untuk memberikan ekstra nutrisi kulit yang mungkin kurang terpenuhi asupannya oleh tubuh. Nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit antara lain vitamin C, vitamin E serta kolagen. Memberikan nutrisi yang tepat untuk kulit seperti kolagen dan vitamin E merupakan salah satu manfaat krim siang.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat krim siang yang sebaiknya perlu diketahui. Namun demikian, perawatan kulit wajah hendaknya juga tidak terlalu mengandalkan penggunaan krim siang saja, tetapi juga harus diimbangi dengan melakukan pola hidup sehat seperti memperbanyak konsumsi air putih, hindari stress, istirahat yang cukup, olahraga teratur dan rutin, menjaga pola makan sehat serta mengindari konsumsi alkohol dan rokok. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!