Health
Manfaat Nutrisi Wortel

Manfaat Nutrisi Wortel

Sekarang ini, wortel sudah sangat sering bisa ditemui. Terutama di menu masakan ataupun di menu minuman. Tapi masih banyak orang tidak mengetahui dengan benar manfaat nutrisi wortel untuk kesehatan tubuh padahal wortel memiliki khasiat yang sangat tinggi dalam hal menjaga kesehatan tubuh terutama pada mata.

Manfaat Nutrisi Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat nutrisi wortel bukan semata hanya untuk kesehatan mata saja karena memiliki kandungan vitamin A yang besar, tapi juga sangat baik untuk kesehatan.

  1. Mencegah Penyakit Jantung. Ternyata jika wortel secara rutin dikonsumsi baik itu dimakan atau diminum akan dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Tidak hanya mencegah penyakit jantung, wortel juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dengan cara mengikat dan menghilangkan asam empedu.
  2. Mencegah Terkena Stroke. Penelitian di Universitas Harvard mengatakan bahwasanya jika seseorang rajin memakan 6 buah wortel minimal dalam seminggu dapat menurunkan kadar kolestrol jika dibandingkan dengan makan 1 buah wortel dalam sebulan.
  3. Mencegah Penuaan Dini. Kandungan beta karoten yang terdapat dalam nutrisi wortel ternyata mampu membantu tubuh melawan radikal bebas. Selain sebagai antioksidan, beta karoten yang terdapat pada wortel mampu mencegah terjadinya kanker prostat bagi kaum pria.

Jadi, jangan anggap remeh dengan buah yang satu ini. Jangan sampai saat Anda menyantap makanan dan ada wortel, Anda tidak menyisihkannya ke pinggir piring makanan Anda.

Manfaat Nutrisi Wortel untuk Kecantikan

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah halus dan lembut? Tapi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal karena manfaat nutrisi wortel mampu merawat kulit wajah karena banyak mengandung vitamin A. Dan berikut cara penggunaannya:

  1. Kupas 2 atau 3 buah wortel. Lalu cuci hingga bersih. Dan parut dan ambil air wortel dengan cara memerasnya.
  2. Air perasan wortel tersebut dioleskan ke seluruh wajah dan biarkan air wortel tersebut mengering dengan sendirinya di wajah Anda.
  3. Anda bisa juga menempelkan ampas wortel ke wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  4. Dan jika secara keseluruhan sudah mongering, bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

Selain itu, wortel kandungan retinol yang mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Bahkan retinol pada wortel dapat meresap hingga ke lapisan paling bawah kulit. Berikut caranya:

  1. Kupas dan bersihkan 2 atau 3 buah wortel lalu parut hingga halus
  2. Anda tambahkan empat tetes minyak zaitun dan dua sendok makan madu dan aduh hingga benar-benar tercampur.
  3. Oleskan ke seluruh wajah dan leher dan diamkan selama 20 hingga 30 menit. Jika sudah mengering, bersihkan dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Lalukan cara di atas hingga seminggu sekali untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini terutama kerutan dan garis-garis halus di sekitar mata.

Selain untuk kesehatan wajah, wortel juga bisa untuk kesehatan rambut. Caranya adalah:

  1. Kupas dan bersihkan 2 atau 3 buah wortel. Parut lalu peras untuk diambil airnya.
  2. Usapkan pada kulit kepala  air perasan wortel tersebut secara rata lalu bungkus kepala dengan handuk atau pembungkus kepala lainnya. Dan diamkan hingga 30 menit. Tapi untuk hasil lebih maksimal, Anda bisa lakukan ini saat malam mau tidur dan Anda bisa mendiamkan perasan wortel tersebut di kulit kepala Anda semalaman.
  3. Setelah itu, bersihkan dengan air biasa hingga bersih.

Jika Anda rutin melakukan hal di atas untuk rambut Anda, Anda akan memiliki rambut cantik dan menawan secara alami.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat nutrisi wortel untuk tubuh. Jadi, mulai sekarang, rajinlah untuk mengkonsumsi buah wortel ini.

error: Content is protected !!