Beauty
Manfaat Pisang untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Pisang untuk Kecantikan Wajah

Salah satu jenis buah-buahan yang harganya relatif murah namun memiliki banyak manfaat adalah buah pisang. Selain berguna untuk melancarkan pencernaan makanan serta sumber alternatif karbohidrat pada program diet pisang, ternyata pisang juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit tubuh dan wajah, baik ketika dikonsumsi secara langsung ataupun digunakan sebagai masker. Apa saja kegunaan dan manfaat pisang untuk kecantikan wajah yang sebaiknya perlu diketahui?

Kegunaan dan manfaat

Berikut beberapa kegunaan dan manfaat pisang untuk kecantikan wajah berdasarkan kandungan vitamin C, Vitamin E dan vitamin K, serta kandungan mineral didalamnya seperti potassium, kalium dan magnesiumnya sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Mengencangkan. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa kandungan kalium yang terdapat pada kulit buah pisang bagian dalam, berguna untuk mengencangkan permukaan kulit yang kasar ataupun berparut. Dikatakan bahwa kandungan kalium ini mampu memperbesar tegangan permukaan air yang terdapat pada jaringan kulit, sehingga secara tidak langsung jaringan kulit juga semakin kencang.
  • Menghaluskan. Selain berguna untuk mengencangkan kulit, kandungan potassium pada kulit buah pisang bagian dalam juga berguna untuk menghaluskan permukaan kulit. Menurut salah seorang praktisi kecantkan di Surabaya, dikatakan bahwa potassium pada pisang berguna untuk menghaluskan permukaan kulit dengan cara membentuk selubung tipis pada permukaan kulit, sehingga mencegah terjadinya kehilangan kelembaban alami kulit.
  • Jerawat. Salah satu manfaat pisang untuk kecantikan wajah adalah untuk mengatasi permasalahan jerawat. Menurut Departemen Kesehatan, dikatakan bahwa beberapa jenis pisang tertentu seperti pisang barangan memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yaitu berkisar antara 10% dari beratnya. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa vitamin C memiliki manfaat untuk mengendalikan bakteri penyebab timbulnya jerawat.
  • Penuaan dini. Beberapa tanda penuaan dini seperti keriput dini dan kulit yang mudah pecah-pecah merupakan beberapa kejadian yang disebabkan terjadinya penurunan elastisitas kulit. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa penurunan elastisitas ini dipicu oleh menurunnya produksi kolagen dalam tubuh. Vitamin C merupakan salah satu katalisator pembentukan jaringan kolagen, sehingga produksi kolagen tetap terjaga.
  • Kerusakan kulit. Berbagai radikal bebas yang diakibatkan sisa metabolisme tubuh, konsumsi makanan, hingga kualitas udara yang buruk, ditengara merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan jaringan kulit. Kandungan vitamin C pada pisang merupakan salah satu jenis antioksidan yang berguna untuk perlindungan kerusakan jaringan kulit akibat radikal bebas, sehingga salah satu manfaat pisang untuk kecantikan wajah adalah mencegah kerusakan jaringan kulit.
  • Melasma. Melasma merupakan salah satu kelainan atau gangguan pada pigmentasi kulit, sehingga warna kulit menjadi berbeda ataupun timbul bintik-bintik hitam pada permukaan kulit. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa melasma bisa dipicu oleh radikal bebas ataupun sengatan sinar UV matahari, sehingga penggunaan pisang yang mengandung vitamin E sebagai masker dapat digunakan untuk mencegah terjadinya melasma atau gangguan pigmentasi kulit ini.
  • Kelembaban. Menurut salah seorang praktisi kecantikan kulit yang membuka praktek di kawasan Surabaya, dikatakan bahwa kandungan magnesium pada buah pisang bermanfaat untuk mempertahankan produksi kelenjar minyak pada permukaan kulit, sehingga kulit wajah senantiasa lembab dan tidak mudah mengalami kekeringan. Kulit wajah yang kering akan mempermudah timbulnya kerutan ataupun keriput dini.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat pisang untuk kecantikan wajah yang sebaiknya perlu diketahui. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dalam penggunaan masker pisang untuk wajah ini, akan lebih baik apabila pengaplikasiannya pada masker juga dikombinasikan dengan madu ataupun minyak zaitun. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!