Health
Manfaat Vitamin A

Manfaat Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu kandungan gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Selain sebagai pembentuk sistem imunitas atau ketahanan tubuh juga dapat melawan infeksi, dan melembapkan mata dan kulit anda. Kekurangan vitamin A adalah penyebab utama terjadinya low vision, rabun ayam hingga kebutaan terutama pada anak-anak.

istock

Manfaat vitamin A yang paling utama yaitu membentuk daya tahan tubuh agar mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh penyakit yang sedang menyerang dan mempertinggi pembentukan sel darah. Untuk kesehatan mata, vitamin ini digunakan sebagai penolong dalam meningkatkan kemampuan melihat di beberapa kondisi, seperti saat mata kering (sehingga menjadi lebih lembap) dan melihat di malam hari. Vitamin A menyehatkan retina dan mencegah kebutaan dengan mengadaptasi mata di situasi terang dan kegelapan serta secara signifikan dapat memutuskan risiko terkena katarak.

Manfaat vitamin A lainnya yang mungkin sangat dirasakan kegunaannya terutama oleh para wanita didalam perawatan kulit adalah kemampuannya membebaskan tubuh dari zat radikal bebas dan racun yang membuat kerusakan pada kulit, sehingga kulit tetap lembut dan luwes walaupun tanpa diolesi krim pelembap di permukaannya. Apalagi bila anda sudah memasukki usia 30 tahun keatas dimana kelembapan kulit semakin berkurang, mulailah mengonsumsi sumber makanan yang mengandung banyak vitamin A. seperti ikan, kuning telur, keju dan mentega. Buah-buahan dan sayuran yang mengandung beta karotin seperti mangga, labu, tomat, wortel, pepaya, buah persik, brokoli, bayam, kentang dan kacang polong. Yang tentunya dengan formula tepat sesuai dengan takaran yang sudah dianjurkan para ahli kesehatan.

Jika berbagai sumber makanan vitamin A yang disebutkan diatas didapatkan tubuh anda secara teratur dan dengan porsi yang tepat, kesehatan gigi dan tulang anda juga akan terjaga dengan baik. Vitamin A membantu pertumbuhan dentin, yang berfungsi sebagai pelindung gigi agar tidak mengalami rasa ngilu. Dan pada tulang dapat mencegah terjadinya osteoporosis atau tulang keropos di usia tua.

Vitamin A ini juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebab vitamin ini dapat memperkuat embrio atau janin yang ada di dalam rahim. Juga berpengaruh dalam pembentukan sel-sel tubuh pada janin. Hanya saja penggunaannya harus sangat diperhatikan, sebab jika terlalu banyak maka akan membahayakan janin dengan berbagai kelainan seperti kurang sempurnanya pembentukan tulang dan lain sebagainya.

error: Content is protected !!