Health
Manfaat Vitamin B

Manfaat Vitamin B

Terdapat 8 jenis vitamin B, yaitu vitamin B1,B2,B3,B5,B6,B7,B9 dan B12. Yang masing-masing memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan dan keseimbangan tubuh manusia.  Vitamin B1 berfungsi sebagai zat yang membantu mengkonversi karbohidrat menjadi glukosa. Glukosa ini kemudian digunakan sebagai energy dalam berbagai macam fungsi tubuh. Vitamin ini diketahui sebagi zat yang dapat menjaga kesehatan  mata, kulit, rambut, hati, mulut  dan sistem nerveus (kegelisahan) sehingga seringkali orang menyebutnya vitamin anti stress! Asparagus, bayam tuna, jamur, kacang polong dan tomat merupakan beberapa sumber makanan yang kaya dengan vitamin ini.

istock

Vitamin B2 memegang peranan penting dalam memproduksi energi, yaitu dengan mengubah karbohidrat menjadi gula, yang merupakan bahan bakar dalam tubuh. Juga penyedia antioksidan dalam pencegahan penuaan. Dapat ditemukan didalam daging yang berkadar lemak rendah, ikan salmon, brokoli, alpukat, nasi, telur dan bayam.

Manfaat vitamin B3 atau disebut juga niacin adalah untuk memelihara sirkulasi darah, menjaga kondisi kulit serta memaksimalkan fungsi otak dengan menjaga kekuatan memori. Sementara itu vitamin B5 memiliki  manfaat yang lebih banyak lagi yakni dapat mengurangi kondisi buruk para penderita asma, rambut rontok, alergi, gangguan pernapasan hingga gangguan hati. Juga membantu meningkatkan imunitas tubuh, mencegah keropos tulang, penuaan dini dan kerusakan kulit. Susu dan makanan yang mengandung  susu seperti keju, memiliki kadar vitamin B5 yang tinggi, termasuk telur, ikan, kacang dan kedelai.

Manfaat vitamin B selanjutnya adalah sebagai pengontrol hormon, mengatur metabolisme tubuh, mengatasi ganguan sindrom pra menstruasi, gangguan emosi, jantung, ginjal hingga anemia dan influenza, yang diperankan oleh vitamin B6 atau dikenal juga dengan sebutan pyridoxamine. Banyak terdapat di sereal, telur, ikan, daging,kedelai, bayam dan masih banyak lagi.

Manfaat vitamin B lainnya adalah dapat membantu anda menurunkan berat badan dan merawat kesehatan kulit. Terdapat pada vitamin B7 (biotin). Selain itu, biotin juga dapat membantu produksi insulin dalam tubuh yang akan mengurangi kemungkinan meningkatnya gula darah atau terserang kencing manis. Gandum, kedelai dan kacang-kacangan lain, pisang, makanan yang mengandung ragi dan bayam merupakan sumber makanan yang cukup banyak menghasilkan vitamin ini.

Vitamin B9 dan B12 memiliki kegunaan yang hampir sama yaitu mencegah dan mengobati penyakit anemia selain itu juga sangat baik dalam menjaga kesehatan selama kehamilan. Buah jeruk, jamur, daging ayam, salmon, tuna, yoghurt dan lain-lain, merupakan sumber terbaik vitamin ini. Selama anda mengonsumsinya dengan porsi yang tidak berlebihan manfaat vitamin B dapat dirasakan tubuh  dan sangat berguna bagi kelangsungan aktivitas di hidup anda.

Demikian informasi tentang vitamin B yang sangat bermanfaat dalam tubuh jika penggunaanya sesuai dosis dan kebutuhan kita sebagai pengonsumsi.

error: Content is protected !!