Health
Manfaat Vitamin C

Manfaat Vitamin C

Anda tentu sangat mengenal baik vitamin yang satu ini. Ya, vitamin ini banyak dijual bebas di pasaran sebagai suplemen. Baik berupa suplemen obat (tablet, kaplet, hingga serbuk) atau pun berupa minuman yang merknya beraneka ragam.

Maraknya penjualan vitamin C ini tentu bukan karena alasan yang sembarangan. Manfaatnya yang banyak bagi tubuh manusia di berbagai umur pastilah menjadi alasan kuat dari para produsen untuk menjual produk-produk bervitamin C ke pasaran.

Vitamin C sebenarnya merupakan sebutan bagi asam askorbat. Vitamin ini pada beberapa jenis binatang dihasilkan di dalam tubuhnya sendiri. Akan tetapi pada manusia, vitamin ini harus disuplai dari luar, baik itu berupa suplemen tambahan maupun dari makanan yang berupa sayur dan buah-buahan.

Meskipun suplemen vitamin C tersedia di pasaran dan dijual secara mudah dan murah, para ahli banyak yang menyarankan agar dalam mengonsumsi vitamin C diutamakan konsumsi yang bersumber dari makanannya langsung. Hal ini karena vitamin C yang didapat jumlahnya bisa lebih besar, dalam keadaan segar, dan juga tidak mengandung pengawet atau bahan kimia yang berbahaya.

istock

Manfaat Vitamin C sangat banyak di dalam berbagai metabolisme tubuh. Misalnya saja dalam sistem pertahanan (sistem imun), sistem integumen (kulit), sistem pencernaan, sistem ekskresi, sistem peredaran darah, sistem saraf, dan sistem indra. Secara umum, peran vitamin C dalam berbagai sistem tersebut merupakan manfaat vitamin C sebagai zat antioksidan.

Detil mengenai manfaat vitamin C bisa dilihat sebagai berikut.

  • Mencegah dan mengobati demam secara umum (bukan demam yang merupakan gejala penyakit serius).
  • Mencegah dan mengobati berbagai penyakit kulit, seperti jerawat dan infeksi kulit.
  • Mencegah dan mengobati (terapi) HIV-AIDS, kanker, Alzheimer, depresi, demensia, dan juga attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD).
  • Mencegah dan mengobati penyakit saluran kemih, seperti infeksi kantung kemih dan infeksi ginjal.
  • Mencegah dan mengobati berbagai penyakit saluran pencernaan, seperti diare dan disentri.
  • Membantu tubuh dalam penyerapan zat besi.
  • Mengobati dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan system peredaran darah dan jantung, seperti pecah pembuluh darah, serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan juga kolesterol.
  • Mencegah dan mengobati berbagai penyakit/gangguan penglihatan, seperti glukoma dan katarak.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Memperbaiki sistem kerja hati dan mengurangi racun yang terdapat dalam hati.

Konsumsi vitamin C harus sesuai dengan dosisnya karena bila mengonsumsi terlalu berlebih akan menyebabkan mual, muntah dan pusing. Oleh karena itu makanlah sesuai kebutuhan tubuh.

Nah itulah beberapa di antaranya manfaat vitamin C yang bisa diperoleh. Pastikan mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan mengutamakan konsumsi vitamin C dari sumber makanannya langsung. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!