Health
Manfaat Vitamin D

Manfaat Vitamin D

Jika kita mengenal vitamin yang lain merupakan sebutan bagi zat tertentu, vitamin D ini lain. Ya, tidak seperti vitamin lainnya, vitamin D hanya dikenal sebagai vitamin D saja tanpa ada nama alias di depan atau di belakangnya.

Vitamin D bisa didapat tubuh dari sinar matahari. Untuk mendapatkannya, kita hanya tinggal berjemur di pagi hari saat matahari memaparkan sinar ultravioletnya. Yaitu sekitar jam tujuh hingga jam sepuluh pagi. Akan tetapi bagi sebagian orang, terutama manula dan orang berpenyakit tertentu, vitamin D juga harus disuplai dari luar agar kebutuhan tubuhnya terpenuhi.

istock

Vitamin ini berperan besar di dalam kesehatan kulit dan tulang. Tak hanya itu saja, vitamin D juga turut andil dalam kesehatan sistem peredaran darah. Manfaat vitamin D secara lengkap dan detilnya bisa dilihat dari uraian bawah ini.

  • Mencegah dan mengobati berbagai penyakit tulang, seperti patah tulang (fraktura), rachitis (penyakit tulang yang tidak keras), osteoporosis (pengeroposan tulang), sakit tulang (osteomalasia), dan penyakit tulang lainnya.
  • Mencegah dan mengobati peluruhan kalsium tulang pada penderita gagal ginjal.
  • Mencegah dan mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung dan peredaran darah, seperti tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.
  • Mencegah dan mengobati (terapi) penyakit kanker, diabetes, obesitas, asma, bronchitis, gangguan PMS, dan sakit gigi.
  • Mencegah terserang berbagai penyakit kanker dan dapat juga sebagai imun atau sistem kekebalan tubuh.
  • Membantu pembentukan struktur gigi dan tulang yang kuat.
  • Mencegah penyakit lupa seperti Alzheimer dan lainnya.

Seperti halnya vitamin lain, penggunaan vitamin D juga harus berdasarkan dosis tertentu. Terutama pada orang-orang yang berpenyakit tertentu. Dosis ini disesuaikan dengan kondisi masing-masing pengguna. Misalnya saja untuk mencegah osteoporosis dan patah tulang bagi orang dewasa, dosis vitamin D yang dianjurkan adalah 400-1000 Internasional Unit (IU) per hari; untuk mencegah jatuh, dosis vitamin D yang dianjurkan adalah 800-100 IU per hari; untuk mencegah kanker, dosis yang dianjurkan adalah 1400-1500 mg kalsium per hari ditambah 1100 IU vitamin D per hari; dan untuk pencegahan flu, dosis vitamin D yang dianjurkan adalah 1200 IU per hari.

Asupan vitamin D yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh, walaupun tubuh dapat menghasilkan sendiri vitamin ini tetap saja kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D untuk mencegah terjadinya kekurangan vitamin yang menyebabkan tidak terpenuhinya asupan untuk pertumbuhan tulang sehingga mempercepat osteoporosis, ostoeartitis, penyakit jantung, sakit tulang, hingga penyakit kanker.

Nah itulah beberapa di antaranya manfaat vitamin D bagi tubuh. Agar manfaat vitamin D ini bisa optimal sesuai kebutuhan tubuh Anda, pastikan penggunaanya sesuai dengan dosis anjuran. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!