Health
Manfaat Vitamin

Manfaat Vitamin

Ada bermacam-macam zat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, yang harus dipenuhi setiap harinya sesuai dengan takaran yang sudah ditetapkan secara medis. Vitamin, protein, lemak, kalori dan lain-lain wajib diperhatikan jika anda ingin keseimbangan tubuh anda terjaga dengan baik. Vitamin sendiri memiliki manfaat yang sangat beragam, karena kemampuannya menjaga dan mengobati berbagai penyakit. Seperti gangguan hati, kolesterol tinggi, ganguan penglihatan dan beberapa keadaan pada kulit. Banyak vitamin juga membantu mekanisme kerja tubuh dan memaksimalkan fungsinya sebagai gizi yang tidak dilakukan zat lain.

Ada beberapa vitamin yang perlu anda ketahui, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B7,B9, B12, C, D, E dan K. Manfaat vitamin A misalnya, berguna untuk membantu menjaga kesehatan mata, mengurangi jerawat dan gangguan kulit lainnya seperti terlalu kering dan alergi. Menyembuhkan infeksi dan mempercepat pemulihan luka. Vitamin A dapat dihasilkan oleh buah-buahan yang mengandung beta karotin seperti tomat, peach, pepaya, mangga, juga pada sayuran brokoli, wortel, labu dan bayam.

Manfaat vitamin B1 hingga B12 juga sangat luar biasa, mulai dari gangguan kulit, metabolisme tubuh, membangun imunitas, mengatasi anemia, migrain, penyakit hati, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, arthritis, pendarahan, ginjal, ganguan mulut, hingga membantu masalah kerontokan rambut dan morning sickness bagi ibu-ibu hamil serta travel sickness bagi para traveller. Ikan salmon, brokoli, daging, telur, makarel, kacang-kacangan, kentang, keju dan masih banyak lagi, merupakan sumber dari vitamin B ini.

Vitamin C, selain bermanfaat bagi kesehatan mata dan menumbuhkan system imunitas di dalam tubuh, juga sangat membantu dalam penyembuhan penyakit kanker, diabetes, gangguan ginjal, hipertensi, pendarahan dan inflamasi. Buah-buahan segar adalah sumber dari vitamin ini, seperti anggur, jeruk, rasbery, strawberry dan kiwi, pun di dalam sayuran seperti brokoli, cabe merah, cabe rawit dan kentang.

Manfaat vitamin D adalah untuk menjaga kesehatan tulang, mengobati kerusakan gigi, tekanan darah dan diabetes. Vitamin D banyak terdapat pada makarel, sarden dan ikan salmon. Juga didalam mentega, telur dan susu. Vitamin yang selanjutnya adalah Vitamin E, vitamin ini banyak bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin ini terdapat pada minyak biji bunga matahari, minyak kulit gandum dan minyak jagung. Selain untuk kesehatan kulit, vitamin E ini juga sebagai radikal bebas yaitu dapat membantu proses pemulihan DNA yang rusak.

Terakhir Vitamin K, vitamin ini merupakan vitamin yang berperan penting dalam proses pembekuan darah. Secara alamiah tubuh kita dapat menghasilkan vitamin K sendiri dengan bantuan bakteri baik, tetapi tetap kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K agar tidak terjadi kekurangan vitamin K seperti pendarahan. Sumber vitamin K terdapat pada sayuran hijau, hati, dan susu.

error: Content is protected !!