Beauty
Masker Rambut Ginseng

Masker Rambut Ginseng

Ginseng, sejenis tanaman terna yang banyak ditemukan di belahan bumi utara, seperti di Amerika Utara, Korea, Machuria, Bhutan, dan bagian timur Siberia. Akar ginseng telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina sebagai obat pelemas otot. Ginseng juga banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk memperbaiki sirkulasi darah, meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit. Selain itu, ginseng juga dikenal meningkatkan stamina dan vitalitas. Namun ternyata ginseng juga memiliki khasiat dalam perawatan rambut, dan dapat diaplikasikan sebagai masker rambut ginseng.

Masker rambut atau hair masker merupakan jenis perawatan khususnya untuk rambut yang rusak, mudah patah, atau kering akibat penggunaan cat rambut atau perlakuan pada rambut seperti dikeriting atau diluruskan. Serupa dengan creambath, pada masker rambut ramuan yang mengandung berbagai formula dioleskan pada rambut dan kulit kepala. Namun tidak seperti pada creambath, pada masker rambut tidak diperlukan pijatan di kepala untuk meresapkan masker ke dalam kulit kepala, karena akan merusak masker dan mengurangi khasiatnya.

Penggunaan masker rambut ginseng ditujukan untuk perawatan rambut yang rontok, bercabang, mudah patah, atau berketombe. Ginseng dipercaya dapat menstimulasi peredaran darah di kulit kepala dan menguatkan akar rambut, untuk mengembalikan kekuatan rambut. Ekstrak ginseng pada masker juga akan memberikan nutrisi pada kulit kepala, menstimulasi pertumbuhan rambut baru, menghitamkan rambut yang berwarna kemerahan, menebalkan rambut, dan mempertahankan rambut dari kerontokan.

Cara menggunakan masker rambut ginseng adalah sebagai berikut : setelah selesai keramas, oleskan masker ginseng pada kulit kepala, batang rambut, dan seluruh bagian rambut secara merata menggunakan sisir bergigi rapat. Diamkan masker selama 15 hingga 30 menit. Tidak perlu dilakukan pijatan di kepala, karena seperti pada penggunaan masker wajah, pijatan pada masker rambut justru akan merusak masker dan mengurangi khasiatnya. Setelah 15 menit, bilas masker dengan air hangat, kemudian bilas kembali dengan air dingin hingga bersih. Karena fungsinya yang hampir sama, setelah menggunakan masker rambut Anda tidak perlu menggunakan kondisioner lagi. Idealnya, perawatan ini dilakukan secara teratur dengan frekuensi 2 hingga 3 kali dalam 1 minggu, atau setiap kali sehabis keramas.

error: Content is protected !!