Health
Mengapa Vitamin B6 Sangat Penting

Mengapa Vitamin B6 Sangat Penting

Tahukah Anda mengapa vitamin B6 sangat penting bagi tubuh? Sebelum, kita mengetahui jawabannya, tidak ada salahnya jika kita mengetahui apa itu vitamin B6. Vitamin B6 merupakan keluarga dari vitamin B atau yang lebih dikenal dengan vitamin B kompleks yang termasuk jenis vitamin yang larut dalam air. Beberapa makanan yang termasuk sumber vitamin B6 adalah daging, unggas, ikan, telur, sereal, biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran (paprika, bayam, lobak, bawang putih, kembang kol, sawi, jamur, jamur, asparagus, brokoli, kubis, kacang hijau, tomat, dan daun bawang), dan buah-buahan.

Beberapa jawaban atas pertanyaan mengapa vitamin B6 sangat penting bagi tubuh, diantaranya sebagai berikut :

  • Karena vitamin B6 memiliki peran penting dalam mengubah makanan menjadi sumber energi,  membantu metabolisme lemak dan protein dalam tubuh manusia.
  • Karena vitamin B6 sangat membantu banyak sistem dalam fungsi tubuh manusia, diantaranya adalah fungsi kardiovaskular, fungsi pencernaan, fungsi otak, sistem kekebalan tubuh, otot, dan saraf
  • Vitamin B6 sangat penting untuk fungsi hati, yakni membantu pembentukan hormon serotonin dan norepinefrin.
  • Vitamin B6 sangat penting sebagai salah satu senyawa koenzim A yang digunakan tubuh guna menghasilkan energi melalui jalur sintesis asam lemak, seperti spingolipid dan fosfolipid.
  • Vitamin B6 berperan penting dalam metabolisme nutrisi, memproduksi antibodi  yang berguna untuk membentengi diri dari senyawa asing yang berbahaya bagi tubuh.
  • Vitamin B6 memiliki peran yang penting untuk kesehatan rambut, kulit, hati, dan mata.
  • Vitamin B6 berperan penting dalam metabolisme asam amino pada tubuh serta pelepasan glikogen dan glukosa.
  • Vitamin B6 berperan penting dalam deaminasi, dekarboksilasi, dan transaminasi. Piridoksin juga dikenal dengan nama piridoksamina.

Setelah mengetahui jawaban atas pertanyaan mengapa vitamin B6 sangat penting bagi tubuh, kini saatnya kita mengetahui beberapa manfaat yang akan kita dapatkan mengonsumsi vitamin B6, yang diantaranya :

  1. Membantu tubuh membuat melatonin yang penting dalam tubuh.
  2. Membantu proses pertumbuhan, pembentukan sel-sel darah, dan merangsang kerja urat saraf.
  3. Membantu memproduksi dopamine dan serotonin dimana sangat dibutuhkan dalam komunikasi syaraf.
  4. Membantu menurunkan resiko seseorang terserang penyakit jantung, stroke, dan rheumatoid arthritis.

Mengingat betapa pentingnya vitamin B6 bagi tubuh, maka sudah selayaknya kita selalu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6. Lalu, berapa banyak jumlah asupan yang kita butuhkan setiap harinya? Pada umumnya, vitamin B merupakan vitamin yang larut dalam air yang artinya vitamin ini mudah larut dalam cairan tubuh sehingga kalau berlebihan, maka tubuh akan membuangnya bersama urine. Sedangkan takaran yang tepat dalam penggunaan vitamin B6 adalah tergantung dari usia, jenis kelamin, dan kondisi khusus, misalnya sakit, hamil atau menyusui.

Saat ini Vitamin B6 sudah tersedia dalam bentuk suplemen individu, namun Anda jangan sembarangan mengonsumsinya, karena ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin B6 karena jika berlebihan maka dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti mual, sakit perut dan bahkan gangguan neurologis.

error: Content is protected !!