Beauty
Mengenal Berbagai Jenis Bedak

Mengenal Berbagai Jenis Bedak

Berdasarkan sejarah kosmetika yang panjang semenjak dimulainya peradaban kuno hingga peradaban modern saat ini, bisa dikatakan bahwa peranan bedak sebagai bagian dari kosmetik, merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Menurut catatan sejarah, diperkirakan bahwa sebenarnya pada awalnya bedak lebih diutamakan sebagai suatu sarana untuk menolak masuknya roh-roh jahat ke dalam tubuh yang dapat memicu terjadinya serangan penyakit, atau bahkan digunakan sebagai sarana utama hiasan untuk mempercantik persembahan kepada dewa. Seiring perkembangan, penggunaan bedak ini mulai bergeser kepada usaha untuk mempercantik penampilan tubuh dengan penggunaan bahan-bahan tradisional ataupun alamiah dan pada puncaknya industri kosmetik bedak semakin tumbub dan berkembang. Untuk lebih mengenal berbagai jenis bedak ini, ada baiknya mengetahui berbagai macam bedak yang lazim diproduksi industri kosmetik atau bahkan buatan sendiri. Apa saja jenis dan macamnya?

Jenis dan macam

Menurut berbagai sumber, dikatakan bahwa terdapat berbagai jenis dan macam bedak yang ditawarkan oleh industri kosmetik atau bahkan dibuat sendiri dan lazim digunakan dalam pemakaian sehari-hari ketika beraktifitas seperti bekerja atau menempuh pendidikan. Dengan mengenal berbagai jenis bedak ini, konsumen dapat menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan jenis aktifitas keseharian. Berikut beberapa jenisnya, yaitu:

  • Bedak tradisional. Bedak tradisional merupakan salah satu jenis bedak yang masih memiliki banyak peminat karena bebas kandungan bahan kimia yang mungkin saja dapat menimbulkan gangguan kesehatan, baik kesehatan kulit ataupun kesehatan fisik secara umum. Bedak tradisional yang sampai saat sekarang masih lazim digunakan adalah penggunaan bedak dingin. Bedak dingin lazim menggunakan beras yang telah ditumbuk dan dihaluskan. Dengan penambahan beberapa ramuan herbal seperti daun-daunan, buah-buahan ataupun ramuan tanaman berkhasiat lain, campuran bedak dingin ini memiliki berbagai macam khasiat dan manfaat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan kulit tubuh dan wajah seperti penuaan dini, melasma, stretch mark, selulit, bekas jerawat atau bahkan gangguan pigmentasi.
  • Bedak modern. Bedak modern merupakan salah satu terobosan penting dalam industri kosmetik yang paling banyak diburu dan diminati oleh konsumen. Hal ini disebabkan wanita tidak dapat dipisahkan dari penggunaan bedak dalam aktifitas sehari-hari. Untuk lebih mengenal berbagai jenis bedak modern ini, terdapat berbagai pilihan bedak yang disesuaikan dengan kegunaan, manfaat serta kemudahan dalam penerapan atau pengaplikasiannya. Beberapa jenis bedak modern yang dapat dipilih antara lain adalah bedak tabur atau loose powder, bedak padat atau compact powder, bedak glitter atau shimmering powder maupun bedak meteorite atau meteorite powder. Beberapa jenis bedak modern ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.
  • Bedak obat. Selain bedak kecantikan, terdapat pula bedak obat yang bermanfaat untuk mengatasi terjadinya gangguan kulit seperti iritasi, alergi, inflamasi atau bahkan gangguan kulit yang disebabkan oleh perkembangbiakan jamur seperti panu, kurap kadas serta kutu air. Dalam mengenal berbagai jenis bedak obat ini, tentu saja terdapat perbedaan komposisi kimia bedak. Bedak obat gatal dan kemerahan mengandung lebih banyak zat antiinflamasi atau anti radang, sedangkan bedak obat pengendali jamur lebih banyak mengandung zat anti jamur.

Secara umum, ketika hendak mengenal berbagai jenis bedak, tentunya harus disesuaikan dengan tujuan penggunaan serta tingkat keamanannya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa beberapa jenis kosmetika hasil industri, memiliki beberapa kandungan kimia berbahaya yang berpotensi menimbulkan berbagai efek samping merugikan apabila dipergunakan dalam jangka panjang, seperti iritasi, gangguan fungsi organ vital tubuh atau bahkan memicu terjadinya kanker kulit. Oleh karena itu, bersikap bijak dan waspada dalam memilih jenis bedak sangatlah diperlukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!