Beauty
Mengenal Jenis Foundation

Mengenal Jenis Foundation

Tampil cantik dan mempesona, pastinya merupakan suatu hal yang sangat didambakan oleh setiap wanita. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila rangkaian tata rias wajah merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mempercantik penampilan sekaligus memberikan koreksi pada ketidaksempurnaan bentuk wajah. Faktanya, rangkaian tata rias wajah atau make-up, sebenarnya tidak dapat dipisahkan dalam pemilihan alas bedak atau foundation. Namun demikian, kesalahan dalam pemilihan foundation selain berakibat kurang optimalnya tata rias wajah, juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada kulit wajah, seperti melasma, jerawat hingga penuaan dini. Salah satu cara untuk menghindari terjadinya kesalahan pemilihan alas bedak ini adalah dengan mengenal jenis foundation yang beredar di pasaran. Apa saja jenis dan macam jenis foundation yang beredar di pasaran?

Jenis dan macam

Agar dapat lebih mengenal jenis foundation yang beredar di pasaran, ada baiknya simak beberapa jenis dan macamnya sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Oil based foundation. Oil based foundation merupakan salah satu jenis alas bedak atau foundation dengan bahan dasar minyak. Karena sifatnya yang berguna sebagai pelembab, beberapa penata rias menyarankan agar foundation jenis ini cocok digunakan untuk mereka yang memiliki kulit kering atau normal cenderung kering yang membutuhkan kelembaban dalam jangka lama agar tidak mudah berkerut dan pecah-pecah.
  • Creamy foundation. Creamy foundation merupakan salah satu jenis foundation yang berbentuk agak kental dan berair. Menurut salah seorang praktisi tata rias wajah dan rambut, dikatakan bahwa jenis foundation ini cocok digunakan bagi mereka yang memiliki permukaan kulit wajah dengan pori-pori agak besar atau sedikit berlubang, terutama bagi mereka yang berusia paruh baya. Lebih lanjut dikatakan bahwa foundation jenis ini bisa digunakan untuk menyamarkan lubang atau pori-pori kulit yang besar.
  • Water based foundation. Water based foundation merupakan salah satu kiat mengenal jenis foundation yang harus diketahui. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa jenis foundation ini cocok digunakan bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau normal cenderung berminyak, karena mampu menjaga kadar atau produksi kelenjar minyak pada permukaan kulit wajah. Dikatakan juga bahwa penggunaan water based foundation ini sebaiknya tidak terlalu lama agar kulit wajah bisa segera bernapas. 
  • Powder foundation. Powder foundation atau alas bedak tabur, merupakan salah satu jenis foundation yang cocok digunakan bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak hingga normal, namun fungsinya sebagai penyerap kelebihan minyak pada permukaan kulit wajah memang tidak dapat bertahan lama, sehingga cocok digunakan untuk aktifitas yang tidak membutuhkan waktu lama.
  • Matte foundation. Selain berbagai jenis foundation di atas, agar dapat mengenal jenis foundation yang beraneka ragam, sebaiknya kenali juga jenis matte foundation. Matte foundation merupakan suatu alas bedak yang dapat menimbulkan efek halus tanpa kilap. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa pelembab jenis ini cocok digunakan bagi mereka yang memiliki jenis kulit kombinasi karena mampu menyerap kelebihan minyak pada sekitar daerah T wajah yang meliputi hidung dan kening.

Demikianlah beberapa kiat dan tips mengenal jenis foundation yang tepat bagi rangkaian tata rias wajah agar mendapatkan hasil yang optimal. Namun demikian, tetap lakukan pembersihan kulit wajah dari sisa make-up seusai beraktifitas agar kesehatan kulit wajah tetap terpelihara dari kemungkinan serangan jerawat atau bahkan gangguan kesehatan kulit wajah yang lain. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!