Health
Mengenal  Senam Otak dan Jenis-jenis Latihannya

Mengenal Senam Otak dan Jenis-jenis Latihannya

Selama ini saat kita mendengar kata senam, yang terlintas di pikiran kita adalah gerakan-gerakan yang dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan badan kita. Beberapa tahun terakhir istilah senam otak mulai banyak digaungkan, namun sayangnya aktivitas ini belum dikenal oleh banyak orang di Indonesia. Padahal sama halnya dengan senam yang biasa kita lakukan, senam otak juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan usia otak kita. Senam otak juga membantu kita untuk lebih berkonsentrasi dan terhindar dari kepikunan. Karena pentingnya aktivitas tersebut, maka kini saatnya bagi kita untuk mengenal senam otak.

Senam otak adalah serangkaian aktivitas pendek yang dapat dilakukan oleh siapa saja, entah itu ibu rumah tangga ataupun pekerja kantoran. Senam otak juga bisa menjadi aktivitas yang menarik untuk membuka sebuah pelajaran di pagi hari oleh guru pada para siswanya. Senam otak sangat berguna untuk melepaskan stres, mengeluarkan energi berlebih dan meningkatkan kinerja. Aktivitas dalam senam otak bisa dilakukan di dalam kamar, di kelas atau di kursi kerja anda. Pada umumnya senam otak melibatkan gerakan menyenangkan yang dirancang untuk melibatkan kinerja otak.

Agar lebih mengenal senam otak, berikut ini beberapa contoh gerakan yang bisa anda praktekkan di rumah. Gerakan pertama disebut juga dengan menggambar angka delapan.

Gambarlah angka 8 dengan jari-jari anda pada selembar kertas atau mengawang di udara. Di sini anda tidak memerlukan pensil, bolpoin ataupun alat tulis lainnya, yang anda perlukan hanyalah imajinasi otak anda. Pertama-tama lakukan aktivitas ini dengan menggunakan tangan yang biasa digunakan untuk menulis, selanjutnya gunakan tangan yang tidak biasa anda gunakan untuk menulis. Ketika anda menggunakan tangan non-dominan untuk menggambar angka 8, maka akan terjadi sebuah kreativitas otak. Aktivitas ini sangat baik untuk pemanasan pada perjalanan seni atau pelajaran menulis kreatif. Menggambar angka delapan dengan tangan dominan mampu mengurangi ketegangan otot-otot di lengan dan pergelangan tangan, dan sangat berguna saat anda bersiap menulis esai atau menyelesaikan tumpukan pekerjaan anda. Anda bisa menghabiskan waktu sekitar satu menit untuk melakukan aktivitas menggambar angka 8 ini sebelum memulai suatu kegiatan.

Gerakan senam otak berikutnya yaitu gerakan menyilang. Aktivitas ini sangat membantu untuk membakar kelebihan energi sehingga kemudian otak akan lebih berkonsentrasi dalam pekerjaan dan mengingat sesuatu. Caranya sangat mudah. Pertemukan sikut sebelah kanan dengan lutut sebelah kiri, lalu selanjutnya siku sebelah kiri dengan lutut sebelah kanan. Lakukan hal tersebut bergantian selama kurang lebih dua menit. Agar lebih bersemangat anda bisa memutar musik up beat kesukaan anda.

Gerakan selanjutnya adalah telapak tangan dan kepalan. Aktivitas ini juga sangat membantu untuk mengaktifkan otak anda yang mulai lelah, bosan dan kehilangan konsentrasi. Caranya pun cukup mudah. Duduklah dengan nyaman dengan kaki turun ke bawah kursi. Letak paha kanan dan paha kiri haruslah sejajar. Kemudian kepalkan tangan kiri anda dan letakkan di atas paha kiri, sementara itu letakkan telapak tangan kanan anda di atas paha kanan anda. Gerakkan kepala tangan kiri anda seperti memukuli paha kiri, sedangkan telapak kanan digerakkan seperti sedang menggosok paha kanan. Setelah 10 hitungan, lakukan hal yang sebaliknya, tangan kanan mengepal dan memukuli paha kanan, dan telapak tangan kiri digosokkan ke paha kiri.

Gerakan-gerakan sederhana di atas ternyata sangat mudah dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Dengan mengenal senam otak lebih baik lagi serta mempelajari lebih banyak gerakan lainnya, kita bisa menjaga otak kita dari kelelahan dan kepikunan. Selamat mencoba.

error: Content is protected !!