Health
Mengenal Senam Pilates

Mengenal Senam Pilates

Memiliki tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit sudah tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Namun terkadang untuk memperolehnya bukanlah sebuah hal yang mudah ataupun gampang. Dibutuhkan usaha yang tidak main-main agar hidup sehat bisa terus terjaga hingga akhir hayat. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan hidup yang sehat adalah dengan mengenal senam pilates dalam kehidupan kita.

Senam Pilates

Sesuai dengan namanya, Pilates, nama senam inipun diambil dari nama pencipta gerakan senam ini. Nama orang tersebut adalah Joseph Pilates sehingga sangat wajar sekali jika akhirnya gerakan senam yang diciptakannya tersebut diberi nama sesuai dengan namanya.

Joseph Pilates merupakan seorang tawanan perang selama masa perang dunia II. Selama berada dalam masa tahanan tersebut dia tetap menjaga kebugaran tubuhnya dengan menciptakan gerakan senam yang merupakan gabungan dari yoga, latihan fisik romawi dan yunani, serta budhisme zen.

Semua gerakan yang ada di dalam beberapa gerakan senam yang berbeda tersebut diracik oleh Joseph Pilates sehingga menjadi gerakan senam pilates yang kita kenal sekarang ini. Joseph Pilates awalnya hanya melakukan senam tersebut untuk dirinya sendiri namun seiring dengan berjalannya waktu, maka diapun mengajarkannya pada para tentara Jerman.

Gerakan senam Pilates merupakan gerakan senam yang dirancang untuk bagi tubuh untuk melakukan gerakan peregangan dan keseimbangan. Manfaat yang diperoleh dari senam ini sungguh luar biasa yakni kesehatan fisik dan rohani. Jadi seseorang tidak hanya akan mendapatkan kesehatan raga saja tetapi juga kesehatan jiwanya karena mampu menjauhkan seseorang dari stress.

Senam Pilates merupakan gerakan senam yang tidak hanya bertumpu pada satu otot saja melainkan pada semua otot sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat. Hal ini juga memberikan efek yang baik bagi tubuh karena semua otot yang ada di dalam tubuh ikut bergerak sehingga tidak akan memberikan beban hanya pada salah satu otot saja.

Senam ini juga tidak memandang usia. Seseorang yang masih muda ataupun sudah tua sekalipun diperbolehkan untuk melakukan gerakan dalam senam pilates. Jadi tidak perlu khawatir ketika ingin melakukan senam ini.

Manfaat Senam Pilates

Sebagaimana yang telah disinggung pada beberapa paragraph yang ada sebelumnya bahwa senam ini sangatlah bagus karena mampu memberikan kesehatan bagi seseorang tidak hanya raganya tetapi juga jiwanya.

Berbeda dengan beberapa jenis senam ataupun gerakan olahraga tertentu yang terkadang hanya mampu memberikan manfaat kesehatan raga saja tanpa kesehatan jiwa. Dengan adanya perpaduan dari yoga dan Budhisme zen maka tidak mengherankan sama sekali jika pilates memang mampu memberikan ketentraman dan ketenangan bagi jiwa seseorang.

Senam pilates begitu popular saat ini. Tidak hanya di kalangan masyarakat umum saja tetapi juga di kalangan artis, penari, dan penyanyi. Hal ini dikarenakan senam pilates mampu memberikan manfaat bagi kebugaran tubuh, seperti perut yang awalnya buncit bisa menjadi datar.

Tidak hanya itu saja, pinggang dan paha seseorang bisa menjadi ramping. Tentu saja ini menjadi impian bagi setiap wanita yang ingin memiliki tubuh seksi. Selain itu, senam pilates juga tidak akan menyebabkan terjadinya kejang pada otot selama latihan karena gerakan dalam pilates mengutamakan fleksibilitas.

Manfaat lainnya yang juga dianjurkan oleh para ahli adalah mampu memberikan ketenangan, mengurangi stress, dan juga kecemasan yang biasanya dialami oleh seseorang. Oleh karena itu, mulai sekarang bagi yang belum melakukan dan mengenal senam pilates maka segera berkenalan dan lakukan senam ini untuk mendapatkan jiwa dan raga yang sehat sehingga bisa awet muda.

error: Content is protected !!