Beauty
Mengenal Tipe Kulit Wajah

Mengenal Tipe Kulit Wajah

Menurut salah seorang praktisi kecantikan yang membuka jasa konsultasi perawatan kecantikan wajah dan rambut, dikatakan bahwa mengenal tipe kulit wajah merupakan salah satu hal paling penting dalam program perawatan dan pemeliharan kecantikan, termasuk diantaranya dalam pemilihan jenis kosmetik yang tepat dalam melakukan manipulasi tata rias wajah. Lebih lanjut dikatakan bahwa kesalahan dalam mengenali jenis kulit yang dimiliki, pada akhirnya akan menyebabkan perawatan kulit wajah yang dilakukan tidak akan optimal atau bahkan memicu terjadinya gangguan kesehatan kulit wajah seperti alergi, iritasi, jerawat membandel atau bahkan melasma dan keriput dini. Oleh karena itu, mengenal tipe kulit wajah sebaiknya dilakukan dengan baik agar perawatan kulit wajah yang dilakukan semakin optimal. Bagaimanakah kiat dan tipsnya?

Kiat dan tips

Berikut beberapa kiat dan tips cara mengenal tipe kulit wajah sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Normal. Menurut salah seorang praktisi kecantikan kulit wajah dan rambut, dikatakan bahwa kulit normal biasa ditandai dengan kulit yang terlihat lembab dan halus dengan kadar minyak pada permukaan kulit terlihat terlihat sedikit atau sedang. Lebih lanjut dikatakan bahwa kulit normal ditandai dengan tekstur kulit yang kenyal dengan frekuensi terjadinya jerawat yang tidak terlalu sering. Jikapun ada jerawat, maka jumlahnya hanya beberapa saja atau sedikit dengan ukuran yang normal.
  • Berminyak. Kulit wajah yang berminyak ditandai dengan kulit yang terlihat mengkilap di seluruh bagian wajah. Lebih lanjut dikatakan bahwa kulit yang lembab ini apabila ditekan dengan ujung jari atau menggunakan kertas minyak akan terlihat mengeluarkan minyak yang melekat pada kuku jari ataupun pada kertas minyak ini. Frekuensi terjadinya jerawat memang lebih sering dengan jumlah jerawat yang banyak, apalagi jika pemiliknya jarang menjaga kebersihan kulit wajah.
  • Kering. Kulit kering merupakan salah satu jenis kulit yang perlu diketahui dalam mengenal tipe kulit wajah. Menurut salah seorang konsultan perawatan kecantikan, dikatakan bahwa kulit kering ditandai dengan wajah yang terasa kesat seperti ditarik. Beberapa mengatakan bahwa apabila diraba, maka kulit akan terasa kasar seperti permukaan daun yang kering dan terasa perih apabila diusap secara kasar atau menggunakan handuk yang kasar. Mudah mengalami iritasi dan rasa gatal apabila terpapar sinar matahari dalamjangka waktu yang agak lama.
  • Kombinasi. Kulit kombinasi ditandai dengan dengan kulit yang terlihat mengkilap pada area T wajah. Area T wajah merupakan daerah pertemuan antara sepanjang area hidung dengan kening. Namun pada jenis kulit kombinasi ini, hanya daerah T saja yang cenderung mengkilap, sedangkan bagian yang lain seperti pipi dan dagu justru tampak lebih kering. Akibatnya, komedo akan lebih sering nampak pada daerah hidung, serta muncuknya jerawat pada daerah kening.
  • Sensitif. Mengenal kulit sensitif merupakan salah satu kiat mengenal tipe kulit wajah yang sebaiknya juga perlu diketahui. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa kulit sensitif ditandai dengan mudahnya kulit mengalami gatal, merah, iritasi ataupun inflamasi ketika melakukan kontak dengan sesuatu yang bersifat alergen. Menurut sumber yang lain, dikatakan bahwa kulit sensitif juga ditandai dengan makin mudahnya gejala atau keluhan seperti iritasi dan inflamasi ketika tersengat sinar matahari walaupun dalam waktu yang singkat ataupun ketika mengaplikasikan produk kosmetik tertentu.

Demikianlah beberapa kiat dan tips cara mengenal tipe kulit wajah yang sebaiknya perlu diketahui ketika hendak melakukan mengaplikasikan berbagai tata rias dan perawatan kecantikan kulit wajah agar mendapatkan hasil yang optimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!