Diet
Menurunkan Berat Badan tanpa Rasa Lapar

Menurunkan Berat Badan tanpa Rasa Lapar

Melakukan olahraga atau olah fisik dengan intensitas tinggi, memang merupakan salah satu cara yang ideal dalam membakar cadangan lemak pemicu berat badan berlebih. Namun demikian, melakukan olahraga dengan intensitas tinggi juga kerap kali menimbulkan rasa lapar yang terkadang harus dipenuhi dengan konsumsi asupan makanan agar rasa lapar itu menghilang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika ada yang berpendapat bahwa melakukan olahraga dengan intensitas tinggi bukanlah solusi mengurangi berat badan apabila asupan makanan tetap banyak agar tidak merasa lapar. Bagaimanakah kiat dan tips menurunkan berat badan tanpa rasa lapar yang efektif dan efisien?

Kiat dan tips

Berikut beberapa kiat dan tips menurunkan berat badan tanpa rasa lapar secara efektif dan efisien sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Akupuntur. Menurut salah seorang praktisi akupuntur yang membuka praktek di kawasan Surabaya, dikatakan bahwa metode akupuntur dengan teknik pemijatan atau accupresure, penusukan jarum atau akupunktur, akupuntur pengikatan atau implant, serta akupuntur laser atau laserpunktur dapat digunakan untuk menurunkan berat badan dengan memberikan stimulasi pada titik meridian tertentu agar tubuh tidak merasakan lapar. Pencegahan timbulnya rasa lapar ini, secara tidak langsung berguna untuk megurangi asupan makanan, sehingga memaksa tubuh untuk menggunakan cadangan makanan dalam tubuh.
  • Diet glikemik. Melakukan program diet glikemik rendah merupakan salah satu solusi penurunan berat badan tanpa rasa lapar. Menurut sebuah jurnal kesehatan yang pernah dipublikasikan beberapa waktu yang lalu, dikatakan bahwa asupan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, memungkinkan terjadinya pelepasan karbohidrat secara perlahan-lahan kerena lambat dicerna oleh tubuh. Pelepasan karbohidrat secara bertahap ini menyebabkan tubuh tidak mudah merasa lapar.
  • Sedot lemak. Sedot lemak merupakan salah satu metode menurunkan berat badan tanpa rasa lapar yang bisa dijadikan pertimbangan. Menurut beberapa sumber medis, dikatakan bahwa metode penyedotan lemak, merupakan salah satu cara paling mudah dan praktis dalam menurunkan berat badan karena langsung melakukan pengurangan timbunan lemak. Manfaat lain yang bisa diperoleh dalam penyedotan lemak adalah pengencangan kulit, sehingga banyak yang memilih alternatif tindakan ini, walaupun faktanya biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit.
  • Kalori negatif. Mungkin belum banyak yang memahami apa itu makanan dengan kalori negatif. Menurut salah seorang praktisi nutrisi dan diet, dikatakan bahwa makanan dengan kalori negatif, merupakan salah satu jenis asupan makanan yang membutuhkan energi lebih banyak untuk mencerna dan memecahkan struktur kimia kompleks pada makanan tersebut dibandingkan kalori atau energi yang dihasilkan. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa asupan makanan dengan kalori negatif ini dapat dijumpai pada sebagian besar buah dan sayur, kecuali alpukat.
  • Steaming. Steaming atau penguapan, merupakan salah satu alternatif menurunkan berat badan tanpa rasa lapar sekaligus praktis. Menurut beberapa praktisi steaming, dikatakan bahwa melakukan mandi uap atau steaming dengan penambahan berbagai jenis wewangian rempah, selain bermanfaat untuk melunturkan lapisan lemak pada permukaan kulit, juga berguna untuk memberikan nutrisi pada jaringan kulit. oleh karena itu, mereka yang hobi melakukan steaming seringkali mendapatkan kulitnya sehat dan berat badan dapat terkontrol tanpa harus mengkonsumsi makanan setelahnya.

Demikianlah beberapa kiat dan tips menurunkan berat badan tanpa rasa lapar secara efektif dan efisien yang bisa dijadikan pertimbangan. Satu hal penting yang hendaknya harus selalu diingat adalah melakukan kalkulasi mengenai jenis aktifitas yang dilakukan dengan asupan makanan harian, sehingga tubuh tidak mengalami overweight atau bahkan maal nutrisi yang dapat mengakibatkan timbulnya gangguan kesehatan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!