Diet
Minuman Sehat agar Tetap Langsing

Minuman Sehat agar Tetap Langsing

Tetap terlihat langsing, awet muda dan memikat merupakan tujuan utama hampir sebagian wanita. Dengan kondisi tubuh yang tetap terjaga dan terawat, maka penampilan diri akan tetap mempesona. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa terjadinya obesitas ataupun berat badan berlebih tidak hanya membuat nilai estetika penampilan menjadi semakin tidak menarik, namun juga faktanya obesitas ataupun berat badan berlebih dapat memperbesar resiko terjadinya gangguan kesehatan, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Selain pengaturan pola makan, mempertahankan berat badan ideal agar tetap terlihat langsing juga dapat dilakukan dengan menjaga asupan minuman sehat. Apa saja jenis dan macam minuman sehat agar tetap langsing yang bisa dikonsumsi? 

Jenis dan macam

Berikut beberapa jenis dan macam minuman sehat agar tetap langsing sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Sari asam. Menurut salah seorang praktisi nutrisi kesehatan, dikatakan bahwa konsumsi sari asam jawa merupakan salah satu minuman tradisional yang bermanfaat untuk mengendalikan kadar lemak di dalam tubuh. Senyawa asam yang terdapat pada tamarine atau asam jawa berguna untuk melarutkan kandungan lemak yang terdapat pada usus. Untuk mengatasi rasa yang mungkin terlalu masam, penambahan sedikit madu sebagai pemanis bisa dipertimbangkan.
  • Teh hijau. Teh hijau merupakan salah satu jenis minuman yang memang sudah dikenal memiliki manfaat mengendalikan kadar lemak dalam tubuh yang terdapat pada makanan atau masih dalam proses pencernaan. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa sebagian besar cadangan lemak yang berasal dari pencernaan makanan, disimpan dalam dinding usus. Senyawa katekin pada teh hijau mampu memicu pelarutan lemak pada dinding usus untuk dikeluarkan lewat proses BAB.
  • Olahan rumput laut. Salah satu jenis minuman sehat agar tetap langsing yang bisa dipertimbangkan adalah minuman olahan yang terbuat dari rumput laut, terutama rumput laut coklat atau sargassum. Minuman yang terbuat dari olahan sargassum ini, memiliki tekstur seperti jelly, namun tidak terlalu padat/keras, sehingga masih bisa diminum. Minuman ini kaya akan serat makanan, sehingga mengkonsumsinya akan menunda rasa lapar serta mencegah kebiasaan mengemil cemilan.
  • Ramuan tradisional. Salah satu jenis minuman sehat untuk pelangsingan secara tradisioal yang bisa dikonsumsi adalah minuman sinom yang berasal dari air perasan dan rebusan daun asam jawa. Beberapa penikmat minuman sinom juga terkadang menambahkan sedikit air perasan jeruk nipis agar rasanya makin menyegarkan, terutama ketika dikonsumsi dalam keadaan dingin.
  • Buah dan sayur. Sudah bukan rahasia lagi jika buah dan sayur merupakan salah satu jenis minuman sehat agar tetap langsing, baik dalam bentuk jus ataupun smoothies. Selain alpukat, berbagai jenis buah-buahan memang memiliki kandungan lemak atau karbohidrat dan gula yang rendah serta serat yang tinggi, sehingga cocok digunakan untuk menunda lapar. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila bahan pemanis yang digunakan pada jus sebaiknya berasal dari madu.

Demikianlah beberapa jenis dan macam minuman sehat agar tetap langsing yang bisa dipertimbangkan untuk konsumsi harian. Namun demikian, untuk hasil yang optimal, akan lebih baik apabila konsumsi minuman sehat ini juga diimbangi dengan rutinitas melakukan olahraga selama minimal 30 menit setiap harinya. Olahraga dapat dilakukan dengan cara sekedar berjalan kaki mengelilingi kompleks rumah setiap pagi. Sebuah riset membuktikan bahwa olahraga berjalan kaki ternyata lebih efektif dan lebih baik dalam mempertahankan kesehatan tubuh dibandingkan dengan jogging atau bersepeda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!