Healthy Drink
Minuman Sehat Anti Kanker

Minuman Sehat Anti Kanker

Kebiasaan dan pola hidup kurang sehat yang biasa dilakukan sehari hari, seperti konsumsi makanan siap saji, makanan instan dengan bahan pengawet kimiawi atau bahkan konsumsi alkohol dan merokok, merupakan kebiasaan kurang sehat yang dapat memicu timbulnya karsinogen dalam tubuh. Menurut berbagai sumber, dikatakan bahwa karsinogen merupakan suatu senyawa kimia yang dapat menyebabkan kerusakan pada setiap sel dan bahkan jaringan apabila kerusakan sel yang terjadi sudah meluas dan menyebar. Bahan-bahan karsinogen yang terdapat pada makanan atau bahkan pada kualitas udara yang buruk ini pada akhirnya akan menurunkan kemampuan jaringan tubuh untuk mendukung proses metabolisme tubuh dan apabila dibiarkan tanpa penanganan, maka pada jangka panjang bisa saja mengancam keselamatan jiwa. Untuk mengindari ataupun memperkecil resiko ini, diperlukan tindakan preventif atau pencegahan dengan mengurangi kebiasaan dan pola hidup kurang sehat, rutin berolah raga serta mengkonsumsi minuman sehat anti kanker. Apa saja jenis dan macamnya?

Jenis dan macam

Berikut beberapa jenis dan macam minuman sehat anti kanker sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Sirsak. Menurut berbagai sumber, dikatakan bahwa sirsak merupakan salah satu jenis buah-buahan yang tinggi sumber antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas yang terdapart pada makanan dan kualitas udara yang buruk merupakan salah satu zat karsinogen pemicu timbulnya kanker. Namun demikian, tidak hanya buah sirsak saja yang memiliki kandungan anti kanker yang baik, tetapi daun sirsak juga memiliki kandungan yang tidak kalah dahsyat dalam memerangi kanker, yaitu Acetogeninns yang bekerja sebagai pelumpuh sel kanker. Untuk mengatasi rasa masam pada buah sirsak ataupun getir pada rebusan daun sirsak, penambahan madu lebih dianjurkan dibandingakan penggunaan gula sebagai pemanis.
  • Susu. Salah satu jenis minuman sehat anti kanker yang juga dianjurkan adalah susu. Susu murni kaya akan Riboflavin atau vitamin B2. Menurut berbagai sumber kesehatan, dikatakan bahwa Riboflavin atau vitamin B2 merupakan komponen penting pada pembentukan reaksi redoks glutathione yang berguna untuk menghilangkan radikal bebas melalui reaksi reduksi dan oksidasi oksigen.
  • Teh. Berbagai jenis teh baik teh hijau ataupun teh hitam yang telah melalui proses pengeringan, memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dikenal dengan flavonoid dan polifenol untuk mencegah terjadinya oksidasi makanan atau oksidasi metabolisme tubuh menjadi zat karsinogen. Untuk mendapatkan antioksidan yang optimal, akan lebih baik apabila konsumsi teh ini diseduh menggunakan air panas.
  • Delima. Selain teh, susu dan sirsak, jenis minuman sehat anti kanker yang bisa juga dikonsumsi adalah delima atau pomegranate. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Jepang beberapa waktu yang lalu, diungkapkan bahwa kandungan polifenol pada buah delima ternyata tiga kali lebih banyak dibandingkan pada teh hijau ataupun teh hitam.
  • Kedelai. Selain susu murni, susu kedelai juga memiliki kandungan senyawa isoflavon yang berguna untuk mencegah terjadinya pembentukan karsinogen oleh radikal bebas yang berasal dari makanan. Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Austria, dikatakan bahwa mengkonsumsi kedelai secara rutin dapat meminimalkan resiko terjadinya pengikatan radikal bebas oleh kataisator enzym dalam proses pencernaan makanan.

Demikianlah beberapa jenis dan macam minuman sehat anti kanker yang sebaiknya diperbanyak konsumsinya setiap hari. Imbangi juga dengan memperbaiki kebiasaan dan pola hidup kurang sehat yang biasa dilakukan sehari-hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!