Healthy Drink
Minuman Sehat Pengganti Soda

Minuman Sehat Pengganti Soda

Tidak bisa dipungkiri bahwa minuman ringan terutama yang mengandung soda dan dalam keadaan dingin memang menyegarkan ketika dikonsumsi, apalagi dalam suasana gerah. Namun demikian, sebenarnya konsumsi minuman bersoda dalam jangka panjang tidaklah dianjurkan. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, dikatakan bahwa konsumsi minuman bersoda dalam jangka panjang dapat memicu terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang dan gigi. Belum lagi resiko terjadinya kerusakan hati dan ginjal yang merupakan organ utama dalam proses ekskresi tubuh yang diakibatkan terlalu banyaknya kandungan bahan pewarna dan pengawet dalam minuman ini. Untuk memperkecil resiko terjadinya kerusakan organ tubuh yang disebabkan oleh konsumsi minuman bersoda dalam jangka panjang, ada baiknya jika konsumsi minuman sehat semakin diperbanyak untuk menggantikan minuman bersoda. Apa saja jenis dan macam minuman sehat pengganti soda yang bisa dijadikan alternatif?

Berikut beberapa jenis dan macam minuman sehat pengganti soda yang dapat dijadikan alternatif pelepas dahaga yang menyegarkan sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Air kelapa muda. Selain menyegarkan, air kelapa muda memiliki sifat isotonik, yaitu memiliki tekanan osmosa yang sama dengan cairan tubuh, sehingga langsung diserap oleh tubuh untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Selain isotonik, air kelapa muda juga berguna untuk menetralkan racun atau zat-zat karsiogenik lain yang berasal dari makanan yang dikonsumsi ataupun dari kualitas udara yang buruk dan berbahaya.
  • Jus buah. Buah-buahan banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta elektrolit penting yang berguna untuk mengatasi terjadinya dehiderasi. Menurut berbagai sumber, dikatakan bahwa sebagian besar buah-buahan memiliki sifat isotonik, terutama yang memiliki kandungar air yang tinggi seperti semangka atau jeruk, sehingga bisa dimanfaatkan dan diserap secara langsung oleh organ pencernaan. Jus buah merupakan salah satu minuman sehat pengganti soda yang dapat dipertimbangkan.
  • Teh. Konsumsi teh hijau ataupun teh hitam pada saat cuaca gerah juga mampu memberikan kesegaran bagi tubuh. Efek segar yang didapatkan ketika mengkonsumsi teh berasal dari minyak atsiri yang dikeluarkan daun teh pada saat proses fermentasi dan pengeringan teh. Selain menyegarkan, teh juga mengandung senyawa polifenol seperti tanin dan katekin yang merupakan antioksidan alami. Antioksidan ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan jaringan tubuh akibat radikal bebas yang berasal dari konsumsi makanan atau polusi udara.
  • Yoghurt. Yoghurt memang memiliki cita rasa yang sedikit masam. Rasa masam ini berasal dari proses fermentasi susu oleh bakteri khusus yang merubah susunan protein dalam susu. Mengkonsumsi ice cream yoghurt pada saat cuaca gerah juga mampu memberikan efek kesegaran bagi tubuh layaknya konsumsi minuman bersoda. Namun demikian, struktur ice cream yoghurt yang mungkin sedikit kental memang menyulitkan ketika hendak meminumnya, sehingga mencampurkannya dengan jus jeruk mungkin bisa sedikit membantu. Kombinasi ice cream yoghurt dengan jus jeruk juga merupakan salah satu alternatif minuman sehat pengganti soda saat cuaca sedang gerah.
  • Minuman tradisional. Salah satu jenis minuman tradisional yang menyehatkan dan sekaligus menyegarkan tubuh adalah minuman sinom. Minuman tradisional yang berasal dari rebusan daun asam ini memiliki citarasa yang sedikit masam namun menyegarkan tubuh begitu dikonsumsi dalam keadaan dingin.

Demikianlah beberapa jenis dan macam minuman sehat pengganti soda yang dapat dijadikan alternatif pelepas dahaga yang menyegarkan. Namun demikian, untuk menghindari terjadinya konsumsi karbohidrat berlebih, ada baiknya jika digunakan madu sebagai bahan tambahan pemanis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!