Healthy Drink
Minuman Sehat Untuk Balita

Minuman Sehat Untuk Balita

Usia balita merupakan usia golden age, dimana pertumbuhan dan perkembangan otaknya sedang mencapai perkembangan yang optimal. Pada usia ini ada baiknya balita mendapatkan stimulasi dan nutrisi tepat agar pertumbuhan dan perkembangan fisik ataupun mental anak balita menuju arah yang positif. Pemberian nutrisi yang tepat pada usia balita hendaknya mengacu pada piramida makanan untuk balita sehat yaitu pemberian makanan dan minuman yang mengandung asupan nutrisi berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Salah satu cara menjaga dan mempertahankan asupan nutrisi harian balita adalah dengan memberikan minuman sehat untuk balita.

Kegunaan minuman sehat untuk balita

Secara umum kegunaan minuman sehat untuk balita adalah digunakan untuk membantu pemenuhan asupan nutrisi penting harian balita agar pertumbuhan dan perkembangan balita makin optimal. Nutrisi penting untuk balita yang berupa karbohidrat, protein dan lemak sebagian besar diperoleh dari asupan makanan sedangkan vitamin dan mineral penting didapatkan dari asupan minuman. Pemenuhan asupan nutrisi harian yang terpenuhi secara optimal secara tidak langsung berpengaruh juga terhadap pertumbuhan dan perkembangan balita yang optimal yaitu pertumbuhan dan perkembangan secara fisik ataupun secara psikologis. Tumbuh kembang balita secara fisik ataupun psikologis dapat dilihat melalui perkembangan motorik kasar, motorik halus dan kemampuan kognitif balita.

Jenis dan macam minuman sehat untuk balita

Pada dasarnya, minuman sehat yang dipergunakan untuk konsumsi balita sebagian besar berasal dari buah-buahn dan sayur-sayuran. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kandungan vitamin dan mineral memang banyak didapatkan dari konsumsi sayur dan buah. Biasanya balita memang enggan mengkonsumsi sayur atau buah, sehingga cara menyiasatinya adalah membuatnya menjadi jus. Berikut ini akan diberikan beberapa jenis dan macam minuman sehat untuk balita sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Susu. Pemberian susu untuk balita idealnya memang diusahakan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup rendah, namun memiliki kandungan kalsium dan protein yang tinggi. Pada usia balita ini, pemberian susu disarankan menggunakan susu formula karena biasanya ASI atau air susu ibu sudah tidak terlalu terproduksi secara maksimal.
  • Jus wortel. Pemberian wortel yang kaya akan beta karoten yang merupakan bentuk sederhana Vitamin A digunakan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan mata. Selain itu wortel juga mengandung Vitamin E yang berguna sebagai antioksidan penangkal radikal bebas sehingga menambah sistem immun tubuh.
  • Jus bayam. Jus bayam dapat dibuat dengan merebus bayam terlebih dahulu, kemudian di blender untuk diambil sarinya. Bayam banyak mengandung zat besi, serat, protein dan sedikit vitamin C. Zat besi digunakan untuk pembentukan sel darah merah, serat berguna untuk kesehatan pencernaan, protein digunakan untuk erkembangan sel dan vitamin C digunakan untuk menambah sistem immun tubuh.
  • Jus jambu biji merah. Jambu biji merah memiliki banyak kandungan Vitamin C, serat, Vitamin A dan asam folat. Asam folat dipergunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak balita, sehingga tingkat kecerdasan balita akan meningkat.
  • Jus apel. Buah apel memiliki kandungan flavanoid dan polifenol yang berguna sebagai antioksidan. Selain itu zat piktin dalam kulit apel berguna sebagai penetralisir racun tubuh, sehingga daya kekebalan tubuh balita akan meningkat. Apel juga memiliki kandungan serat yang tinggi.

Demikian beberapa minuman sehat untuk balita yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin agar kebutuhan asupan nutrisi harian balita terpenuhi. Jangan lupa pula selalu memberikan stimulasi yang tepat agar tumbuh kembang balita makin optimal sesuai dengan tahapan tumbuh kembang milestone balita. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!