Healthy Drink
Minuman Sehat Untuk Bayi 

Minuman Sehat Untuk Bayi 

Pertumbuhan dan perkembangan bayi merupakan hal yang harus selalu diperhatikan. Jangan sampai pertumbuhan dan perkembangannya terhambat, karena kurangnya asupan nutrisi harian yang harus selalu terpenuhi secara seimbang. Memang ketika usia bayi kurang dari satu tahun, asupan makanan dan minuman yang diberikan kepadanya layaknya berbentuk lunak dan tidak terlalu padat. Sebagai batasan, mari diasumsikan bahwa bayi adalah individu manusia yang memiliki umur kurang dari 18 bulan, sehingga pembahasannya tidak terlalu melebar. Selain makanan utama berupa sumber karbohidrat dan protein yang digunakan sebagai sumber energi harian bayi, bayi juga hendaknya diberikan konsumsi minuman sehat sebagai pendukung asupan nutrisi harian yang lain selain karbohidrat dan protein. Apa saja jenis dan macam minuman sehat untuk bayi?

Kegunaan minuman sehat untuk bayi

Secara umum kegunaan minuman sehat untuk bayi adalah digunakan untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral yang digunakan tubuh untuk menjaga dan mempertahankan proses tumbuh kembang yang sedang terjadi pada bayi secara fisik. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa asupan minuman yang dikonsumsi juga harus mengandung asam lemak jenuh yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. Pada masa bayi dan balita, kolesterol masih diperlukan sebagai penyempurna pertumbuhan dan perkembangan organ genital, otak dan pelindung sel syaraf. Kekurangan kolesterol pada bayi justru akan menyebabkan gangguan pada sistem syaraf, sistem otak, organ genital atau bahkan organ penting lainnya.

Jenis dan macam minuman sehat untuk bayi

Minuman yang menyehatkan untuk bayi memang idealnya terbuat dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Beberapa vitamin dan mineral masih dibutuhkan bayi dalam tahapan tumbuh kembangnya. Berikut ini akan disampaikan beberapa jenis dan macam minuman sehat untuk bayi sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Susu. Merupakan salah satu jenis minuman sehat yang paling utama untuk bayi. Asupan susu bisa diperoleh dari air susu ibu atau ASI dan bisa juga didapatkan melalui pemberian susu formula. Susu mengandung asam lemak jenuh yang digunakan sebagai pemenuhan sumber kolesterol pada bayi. Kolesterol pada bayi digunakan untuk pertumbuhan otak, sel syaraf, organ kelamin dan bahkan organ penting tubuh lainnya seperti jantung dan paru-paru. Susu juga mengandung mineral kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi, sehingga pertumbuhan dan perkembangan bayi tidak terhambat.
  • Jus wortel. Wortel memiliki kandungan Vitamin A yang berguna sebagai pemelihara kesehatan mata. Selain itu wortel juga mengandung beta karoten yang berguna untuk proses pertumbuhan dan perkembangan hati. Selain itu beta karoten juga berperan penting dalam pembentukan pigmentasi kulit.
  • Air rebusan kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan protein yang banyak, sehingga memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Selain itu kandungan fosfor pada kacang hijau juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang.
  • Jus bayam. Jus bayam dapat dibuat dengan merebus dahulu bayam hingga lunak, kemudian dibelender bersama air rebusannya. Bayam memiliki kandungan zat besi dan protein yang tinggi. Zat besi digunakan untuk pembentukan sel darah merah sehingga asupan oksigen ke seluruh tubuh tetap terjaga sedangkan protein digunakan untuk pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh.

Buah-buahan dan sayur-sayuran juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga kesehatan pencernaan bayi juga tetap terpelihara. Beberapa minuman sehat untuk bayi diatas hendaknya diberikan secara rutin agar kebutuhan nutrisi harian bayi tetap tercukupi. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!