Healthy Drink
Minuman Sehat Untuk Diet 

Minuman Sehat Untuk Diet 

Diet melupakan salah satu cara menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh dengan pengaturan pola makan yang tepat. Secara umum diet dilakukan dengan mengatur jumlah asupan makanan yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan energi harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebagaimana diketahui, konsumsi atau asupan makanan yang memiliki kadar energi lebih tinggi dibandingkan yang diperlukan oleh tubuh akan disimpan oleh tubuh menjadi cadangan energi yang berupa lemak tubuh, sehingga menyebabkan timbulnya timbunan lemak. Namun demikian, diet yang tepat tetap harus memperhatikan asupan nutrisi lain, sehingga walaupun konsumsi makanan berkurang namun kebutuhan nutrisi harian tetap terpenuhi. Salah satu penerapan diet sehat adalah penerapan minuman sehat untuk diet yang mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh.

Kegunaan minuman sehat untuk diet

Secara umum, kegunaan minuman sehat untuk diet adalah digunakan untuk membantu memenuhi asupan nutrisi harian tubuh, sehingga walaupun asupan makanan dikurangi jumlah atau porsinya, namun kebutuhan harian nutrisi penting tetap tercukupi ketersediaannya. Namun demikian, perlu diperhatikan juga konsumsi gula yang digunakan sebagai pemanis dalam minuman sehat tersebut. Konsumsi gula yang berlebih justru akan merugikan diet yang susah payah dilakukan. Memang pada saat sekarang pelaku diet sering menggunakan bahan pemanis buatan yang memiliki kandungan rendah kalori, namun perlu diperhatikan juga efek samping yang ditimbulkan seperti gangguan sistem pencernaan dan resiko kanker.

Jenis dan macam

Selain pemanis buatan atau pemanis sintesis, hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan minuman sehat untuk diet adalah kandungan lemak yang terkandung didalamnya. Lemak memang masih siperlukan tubuh untuk melakukan berbagai reaksi biokimia tubuh yang berguna bagi kesehatan. Usahakan memilih minuman yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda yang berguna sebagai kontrol penyeimbang kadar kolesterol dalam darah. Berikut ini akan disampaikan beberapa jenis dan macam minuman sehat yang cocok digunakan sebagai pelengkap diet sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Kedelai. Minuman sari kedelai memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga cocok digunakan sebagai alternatif penambah energi ketika konsumsi karbohidrat dikurangi. Selain itu kedelai juga kaya akan omega 3 yang merupakan asam lemak tak jenuh ganda sehingga dapat digunakan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah. Pertimbangkan pemanis yang digunakan, jangan terlalu berlebih.
  • Jus alpukat. Walaupun alpukat memiliki kadar lemak, namun lemak yang terkandung didalamnya adalah asam lemak tak jenuh tunggal, sehingga bisa juga digunakan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah. Pertimbangkan juga pemanis yang digunakan, jangan terlalu berlebih menambahkannya.
  • Nutrishake. Nutrishake merupakan salah satu minuman sehat yang paling tepat untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan diet. Kandungan nutrishake yang seimbang seperti kandungan protein, serat dan natrium yang tinggi serta mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda merupakan salah satu syarat diet sehat. Selain itu kandungan kalori yang mendekati asupan kalori harian yang harus dicukupi cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan kalori harian walaupun konsumsi sumber karbohidrat dikurangi.

Walaupun pola diet dengan menerapkan konsumsi minuman sehat untuk diet sudah dilakukan dengan benar, hendaknya para pelaku diet tetap melakukan olahraga secara teratur minimal satu minggu sekali. Melakukan pola diet seimbang dan benar serta ditunjang dengan melakukan pola hidup sehat dengan olahraga teratur akan mempercepat hasil dan manfaat diet yang telah dilakukan. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!