Healthy Drink
Minuman Sehat untuk Gigi

Minuman Sehat untuk Gigi

Tidak bisa dipungkiri bahwa penampilan yang cantik dan mempesona tentu tidak bisa dipisahkan dari kesehatan dan keindahan gigi. Barisan gigi yang berwarna putih bersih dan mengkilat, tentu akan menambah kecantikan penampilan ketika tersenyum. Begitu pentingnya menjaga dan mempertahankan kesehatan dan kecantikan gigi agar tetap terlihat putih dan bersih ini, maka tidak mengherankan apabila banyak sekali klinik bleaching atau pemutihan gigi selalu dipenuhi dengan klien yang ingin merubah penampilan. Namun demikian, bleaching atau pemutihan gigi yang terlalu sering dilakukan juga tidak baik, karena dapat membuat mahkota gigi menjadi lebih tipis dan mudah rusak. Untuk menghindari penipisan pada lapisan mahkota gigi tersebut, ada baiknya mempertimbangkan untuk mengkonsumsi minuman sehat untuk gigi. Apa saja jenis dan macamnya?

Jenis dan macam

Berikut beberapa jenis dan macam minuman sehat untuk gigi secara alami ataupun tradisional sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Susu. Susu memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi. Kalsium juga bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan kepadatan massa tulang serta gigi, sehingga gigi dan tulang tidak mudah keropos dari dalam, sehingga gigi dan tulang tetap terjaga kekuatannya. Namun demikian, pertimbangkan konsumsi susu rendah lemak agar kadar kolesterol dalam darah tetap dalam kondisi normal.
  • Seledri. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, dikatakan bahwa seledri bermanfaat untuk mengendalikan produksi saliva atau kelenjar liur pada rongga mulut, sehingga derajat keasaman mulut tetap terjaga. Rongga mulut yang terlalu asam dapat menyebabkan gigi mudah mengalami keropos akibat pengikisan email gigi atau mahkota gigi akibat asam.
  • Kopi. Salah satu jenis minuman sehat untuk gigi yang lain adalah kopi. Walaupun terlalu banyak mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan gigi menjadi berwarna kusam, namun menurut penelitian terakhir yang dilakukan oleh ilmuwan di Kanada, diungkapkan bahwa kopi memiliki kandungan trigonelina yang bermanfaat untuk memberikan lapisan perlindungan pada mahkota gigi.
  • Temulawak. Minuman tradisional khas masyarakat Jawa ini juga bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan gigi dengan cara mencegah terjadinya peradangan pada gusi. Menurut berbagai sumber, dikatakan bahwa terjadinya gangguan kesehatan pada gigi tidak hanya disebabkan terjadinya pengeroposan gigi saja, tetapi kesehatan gusi tempat melekatnya akar gigi juga harus tetap terawat. Minuman sehat untuk gigi secara tradisional ini dapat dikonsumsi dengan meminum air seduhan temulawak dan kunyit dengan penambahan sedikit madu sebagai pemanis. Kombinasi kedua jenis ramuan tradisional ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dengan memperkuat akar-akar gigi yang melekat pada gusi.
  • Yoghurt. Konsumsi yoghurt dalam bentuk ice cream ataupun dicampurkan pada minuman sari buah-buahan yang lain seperti sari buah leci ataupun jambu biji merah dan hindari mencampurkannya dengan sari buah strawberry. Walaupun strawberry dan buahan-buahan berry lainnya rata-rata mengandung antioksidan yang lumayan tinggi, namun kandungan asam pada buah strawberry dapat menyebabkan terjadinya pengikisan lapisan mahkota gigi, sehingga lapisan mahkota menjadi lebih rapuh dan mudah terjadi pengeroposan pada gigi.

Selain konsumsi minuman sehat untuk gigi, menjaga kesehatan gigi dan gusi secara tradisional juga dapat dilakukan dengan cara berkumur. Gunakan air rendaman atau rebusan daun sirih sebagai obat kumur ketika selesai mengkonsumsi makanan atau sebelum berangkat tidur. Berkumur menggunakan air rendaman daun sirih memang terasa sedikit pahit dan getir, namun segala jenis bakteri penyebab kerusakan gusi, gigi serta bau mulut dapat dengan mudah diatasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!