Healthy Drink
Minuman Sehat Untuk Ginjal

Minuman Sehat Untuk Ginjal

Ginjal memegang peranan yang penting dalam sistem ekskresi atau pengeluaran sisa metabolisme yang sudah tidak bermanfaat bagi tubuh. Sisa-sisa metabolisme yang sudah tidak terpakai oleh tubuh ibarat sampah yang sudah tidak memiliki manfaat lagi, sehingga jika tidak segera dikeluarkan justru akan menjadi racun bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sistem ekskresi oleh tubuh terbagi menjadi bentuk padat yang berupa tinja dan berbentuk cair yang berupa air kencing atau urine. Pengeluaran urine yang melalui saluran kencing sebenarnya sudah diproses lebih dahulu melalui ginjal, sehingga idealnya semua racun tubuh sudah keluar. Agar kinerja ginjal lebih optimal, ada baiknya mengetahui beberapa minuman sehat untuk ginjal yang idealnya dikonsumsi secara rutin.

Kegunaan minuman sehat untuk ginjal

Secara umum kegunaan konsumsi minuman sehat untuk ginjal dimaksudkan untuk membantu menetralisir racun tubuh yang terlarut dalam darah dan dikeluarkan melalui sistem ekskresi urine. Agar proses pengeluaran urine ini bekerja maksimal, maka diperlukan suatu metode diuretik yang dimaksudkan untuk memperlancar kinerja ginjal agar lebih maksimal dalam menetralisir racun tubuh, sehingga urine bisa dikeluarkan secara segera dan menghindari pengendapan urine dalam saluran atau kandung kemih. Pengendapan urine yang terjadi akan dapat memicu timbulnya penyakit batu ginjal, sehingga resiko kerusakan ginjal akan lebih besar.

Jenis dan macam minuman sehat untuk ginjal

Berikut ini akan diberikan beberapa jenis dan macam minuman sehat untuk ginjal sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Kulit manggis. Ekstrak kulit manggis mengandung zat antioksidan yang sangat kuat yaitu xanthone. Xanthone bermanfaat untuk menangkal dan mengeluatkan radikal bebas didalam tubuh melalui urine dan diproses didalam ginjal. Kandungan xanthone pada kulit buah manggis disebut alpha mangosteen dan gamma mangosteen.
  • Teripang atau timun laut. Kandungan protein ekstrak teripang sangat lengkap sehingga membantu regenerasi sel-sel ginjal yang rusak. Sementara dalam spirulina terdapat fikosianin yang berperan sebagai antioksidan dan bersifat renoprotektor alias pelindung ginjal.
  • Temulawak. Temulawak mengandung minyak atsiri yang berguna untuk penetralisir racun tubuh sehingga membantu kinerja ginjal menjadi lebih ringan. Temulawak juga mengandung foluymetik karbinol yang digunakan sebagai metode diuretik atau untuk memperlancar pengeluaran urine oleh ginjal.
  • Meniran. Meniran mengandung senyawa filantin yang berguna untuk menetralisir racun tubuh yang disebabkan aktifitas bakteri ataupun jamur. Daun meniran juga mengandung senyawa turunan karbinol yang digunakan sebagai obat peluruh urine atau diuretik, sehingga mencegah terjadinya pengendapan batu ginjal.
  • Sambiloto. Sambiloto mengandung senyawa kimia poplymethoxyflavone yang digunakan sebagai pemicu metode peluruhan urine atau diuretik. Sambiloto juga mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi membunuh radikal bebas yang masuk kedalam tubuh, sehingga kinerja ginjal menjadi lebih ringan.
  • Rebusan daun sirsak. Daun sirsak memiliki kandungan flavanoid dan polifenol yang tinggi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Selain itu daun sirsak juga memiliki kandungan senyawa kimia yang berguna sebagai obat peluruh atau diuretik.
  • Air putih. Air putih merupakan minuman yang paling mudah digunakan sebagai pembantu kinerja ginjal dalam menetralisir racun tubuh. Konsumsi air putih sebanyak minimal 1500 ml tiap harinya akan membantu kinerja ginjal menjadi lebih optimal.

Akar alang-alang juga dapat digunakan sebagai salah satu minuman sehat untuk ginjal dengan cara merebusnya dan disaring untuk diambil sarinya. Akar alang-alang juga berguna sebagai obat diuretik. Selain konsumsi minuman sehat diatas, ada baiknya melakukan pola hidup sehat seperti menghindari berbagai minuman yang mengandung bahan kimia sintesis seperti pengawet dan zat aditif berbahaya. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!