Healthy Drink
Minuman untuk Kesehatan Jantung

Minuman untuk Kesehatan Jantung

Serangan penyakit jantung memang sangat membahayakan, karena serangan penyakit jantung ini bersifat akut atau menyerang secara tiba-tiba dan berpotensi menyebabkan kematian penderitanya. Menurut salah seorang staf kardiologi di sebuah rumah sakit swasta di Jawa Timur, dikatakan bahwa serangan penyakit jantung ini bisa disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah pada katup jantung. Terjadinya sumbatan ini pada akhirnya menyebabkan jantung mengalami gangguan irama detak jantung atau bahkan jantung berhenti berdetak. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa penyumbatan ini bisa disebabkan oleh terjadinya penumpukan plak pada arteri jantung yang sebagian besar dipicu oleh pengendapan kolesterol. Untuk meminimalkan resiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri ini, ada baiknya mempertimbangkan untuk mengkonsumsi minuman untuk kesehatan jantung. Apa saja jenis dan macamnya?

Berikut beberapa jenis dan macam minuman untuk kesehatan jantung baik secara tradisional ataupun alami sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Teh. Teh hijau ataupun teh hitam memiliki kandungan flavonoid dan polifenol yang merupakan antioksidan alami yang kuat. Antioksidan merupakan senyawa kimia yang berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan tubuh akibat racun yang dihasilkan dari sisa metabolisme tubuh dan menumpuk pada dinding arteri darah. Konsumsi dua cangkir teh hijau ataupun teh hitam tanpa gula setiap hari akan meminimalkan resiko terjadinya penyumbatan pada didnding arteri jantung.
  • Delima. Menurut sebuah peelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan di California, dikatakan bahwa delima memiliki kandungan antioksidan tiga kali lebih banyak dibandingkan teh hijau atau teh hitam. Konsumsi jus delima dalam jumlah radikal akan menurunkan resiko terjadinya inflamasi atau peradangan pada dinding arteri jantung.
  • Anggur merah. Selain teh hijau dan pomegranate atau delima, anggur merah juga merupakan salah satu minuman untuk kesehatan jantung yang bisa dipertimbangkan. Menurut jurnal kesehatan yang pernah dipublikasikan beberapa waktu yang lalu di Jerman, diungkapkan bahwa anggur merah memiliki kandungan senyawa kimia yang dikenal dengan Resveratrol. Senyawa kimia ini bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah arteri jantung serta membantu mencegah dan meminimalkan resiko terjadinya penggumpalan darah akibat penyumbatan arteri.
  • Coklat. Konsumsi minuman coklat hitam ternyata juga dapat mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan pada arteri darah. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, dikatakan juga bahwa konsumsi minuman coklat hitam secara periodik juga bermanfaat untuk meminimalkan resiko terjadinya penyumbatan pada arteri darah yang dipicu oleh kolesterol ataupun plak arteri lain. Minuman untuk kesehatan jantung ini memiliki kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan serta memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan level kolesterol LDL dalam darah.
  • Sirsak. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, sirsak memiliki kandungan antikolesterol serta anti kanker yang lebih banyak dibandingkan buah-buahan lain yang sejenis. Tidak hanya buahnya, tetapi daun sirsak juga ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol serta penyakit darah tinggi. Menurut jurnal kesehatan yang pernah dipublikasikan oleh sebuah Universitas Negeri di Jawa Timur, diungkapkan bahwa konsumsi buah dan air rebusan daun sirsak tanpa gula secara periodik dan sistemik mampu menurunkan level kolesterol dan gula darah dalam level normal.

Selain sirsak dan air rebusan daun sirsak, minuman untuk kesehatan jantung secara tradisional ataupun alami juga bisa didapatkan dari konsumsi kopi. Mengkonsumsi minuman kopi dalam takaran yang tepat, dapat meminimalkan resiko terjadinya peradangan atau inflamasi pada arteri jantung. Selain itu, kopi juga bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular lain yang berpotensi menyebabkan kematian secara mendadak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

error: Content is protected !!