Parenting
Nutrisi Untuk Bayi 6 Bulan Ke Atas

Nutrisi Untuk Bayi 6 Bulan Ke Atas

Memberikan makanan atau minuman yang sehat dan bergizi adalah mutlak yang harus Anda berikan pada bayi Anda agar bayi Anda tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Apalagi mulainya pemberian makanan tambahan dimulai saat bayi berusia 6 bulan. Jadi, sangat penting untuk selalu memberikan makanan yang penuh nutrisi untuk bayi 6 bulan ke atas.

Manfaat Nutrisi Untuk Bayi 6 Bulan Ke Atas Anda

Memberikan makanan yang bernutrisi sejak anak masih bayi akan memberikan manfaat yang besar untuk masa depannya. Dan berikut ini beberapa manfaat nutrisi untuk bayi 6 bulan ke atas Anda yang sangat perlu Anda ketahui:

  1. Untuk perkembangan organ dan sel tubuh bayi. Siapa yang tidak menginginkan bayinya tumbuh secara sehat dan sempurna? Jika dari awal bayi diberikan pola makan yang sehat serta seimbang, maka pertumbuhan serta perkembangan organ dan sel tubuh akan cepat.
  2. Untuk jantung dan otot yang kuat dan sehat. Pemberian makanan yang bergizi sedari awal akan dapat membuat jantung terbebas dari masalah penuaan. Apalagi semua aliran darah tubuh berpusat di jantung. Selain jantung, otot juga membutuhkan asupan nutrisi agar kuat dan selalu sehat.
  3. Untuk kekebalan tubuh. Sekarang ini banyak kematian bayi yang disebabkan karena kekurangan gizi atau gizi buruk. Akibat kekurangan gizi, kekebalan tubuh menjadi lemah bahkan sangat rentan terhadap penyakit. Jadi, jangan pernah meremehkan terhadap asupan makanan yang Anda berikan pada bayi Anda.
  4. Untuk meningkatkan energi. Masuknya nutrisi ke dalam tubuh belum tentu manfaatnya bisa langsung dirasakan. Ada yang manfaatnya bisa dirasakan setelah beberapa hari dan ada juga yang manfaatnya langsung dirasakan yaitu adanya peningkatan energi. Bayi usia 6 bulan semakin hari semakin membutuhkan energi untuk beraktivitas sehingga Anda perlu selalu memberikannya makanan yang mengandung karbohidrat.

Memberikan Nutrisi Untuk Bayi 6 Bulan Ke Atas Anda Berarti Mengajarkan Pola Hidup Sehat

Pemberian nutrisi yang tepat dan seimbang dimulai saat bayi berusia 6 bulan secara tidak langsung telah mengajarkan bayi Anda tentang pola makan yang sehat dan pastinya bayi Anda akan menerapkan pola hidup sehat seperti itu hingga usianya dewasa. Bahkan bayi 6 bulan yang selalu di beri makanan dengan aneka manfaat nutrisi akan terus menyukai variasi makanan tersebut sehingga nantinya anak tidak akan menjadi seorang pemilih makanan.

Selain itu pemberian nutrisi yang tepat sedini mungkin juga akan berdampak pada perkembangan mentalnya. Karena jika seseorang memakan makanan yang baik maka dampaknya adalah orang tersebut akan merasa tubuh dan pikirannya selalu baik. Itulah alasannya kenapa bayi berusia 6 bulan ke atas saat belajar mengenal rasa selain ASI perlu diterapkan pola makan yang sehat.

Walau nutrisi sangat penting untuk tumbuh dan kembang bayi 6 bulan ke atas, porsi yang diberikan haruslah bertahap karena pencernaan bayi belum bekerja secara sempurna. Bahkan makanan yang diberikan pun harus diberikan dalam keadaan lembut dan halus agar bayi Anda tidak merasa tercekik saat menelan makanan.

Jadi, sekarang Anda sudah sangat menyadari pentingnya manfaat nutrisi untuk bayi 6 bulan ke atas demi masa depan bayi Anda sendiri. Dan mulailah menjadi orang tua yang bijaksana karena memberikan makanan yang bernutrisi sedini mungkin di masa-masa pertumbuhannya. Karena nantinya setelah mereka dewasa, tubuh mereka akan sangat berterimakasih terhadap makanan nutrisi yang Anda berikan saat mereka masih bayi.

error: Content is protected !!