Parenting
Nutrisi Untuk Pertumbuhan Tulang Anak

Nutrisi Untuk Pertumbuhan Tulang Anak

Pertumbuhan tulang sebenarnya dimulai pada saat anak berusia 11 hingga 15 tahun untuk anak laki-laki dan dua tahun lebih awal untuk anak perempuan. Dan nantinya pertumbuhan tulang akan mencapai puncaknya saat usia berkisar 20 tahun untuk pria dan untuk wanita berkisar 18 tahun. Setelah itu pertumbuhan tulang akan mulai melambat dan pada saat usia memasuki 30 tahun maka kekuatan tulang akan mulai menghilang. Jadi, Anda pasti sekarang sudah tahu kapan waktu yang tepat pemberian secara maksimal nutrisi untuk pertumbuhan tulang anak Anda.

Nutrisi Untuk Pertumbuhan Tulang Anak Anda Sangat Mempengaruhi Tinggi Badan Anak Anda

Pemberian nutrisi yang tepat untuk anak terutama untuk tulang anak ibarat sebagai batu bata yang menyangga di dalam tubuh anak sehingga tinggi badan anak menjadi bertambah. Jadi nutrisi untuk pertumbuhan tulang anak sangat mempengaruhi bertambah atau tidaknya tinggi badan anak Anda.

Dari hasil penelitian pun sudah membuktikan bahwa nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor, yodium, dan juga vitamin A memiliki efek yang nyata terhadap pertumbuhan tinggi badan seorang anak. Sedangkan nutrisi lainnya seperti zat besi dan seng sebenarnya hanya berpengaruh terhadap nafsu makan dan kekebalan tubuh anak terhadap macam-macam penyakit tetapi hal tersebut secara tidak langsung dapat juga mempengaruhi tinggi badan anak.

Makanan Sumber Nutrisi Untuk Pertumbuhan Tulang Anak Anda

Sebenarnya nutrisi yang sangat berperan dalam pertumbuhan dan kesehatan tulang adalah kalsium dan vitamin D. Kedua nutrisi tersebut memiliki peran yang sangat penting terhadap tulang terutama vitamin D. Karena vitamin D yang akan membantu tubuh dalam melakukan proses penyerapan dan penggunaan kalsium.

Perlu Anda ketahui, sebenarnya tanpa adanya vitamin D, usus manusia hanya dapat menyerap hingga 15% kalsium yang didapat dari makanan yang anak Anda makan. Tapi jika vitamin D dalam tubuh cukup, maka kalsium akan diserap hingga 30%. Jadi, disini Anda bisa mengetahui bahwa vitamin D memiliki peran yang sangat penting dalam masalah pertumbuhan dan kesehatan tulang anak Anda.

Untuk masalah makanan, hingga saat ini susu ataupun produk olahan dari susu seperti es krim, keju, ataupun yogurt masih menjadi makanan terbaik karena susu merupakan sumber kalsium. Selain itu, susu juga memiliki vitamin D yang sangat penting dalam masalah penyerapan kalsium untuk tulang. Tapi jika anak Anda tidak menyukai susu atau memiliki alergi tertentu dengan susu, Anda bisa memberikan makanan yang lain seperti sayuran hijau brokoli, tempe, tahu, susu kacang kedelai, ataupun rumput laut. Tapi kalsium dari makanan-makanan tersebut relatif lebih sedikit dibandingkan dengan susu.

Akan tetapi, jika memakan makanan yang kandungan kalsiumnya lebih rendah dibandingkan dengan susu dimakan dalam jumlah yang cukup untuk tubuh pastinya juga akan memenuhi kebutuhan kalsium untuk tubuh anak Anda.

Untuk makanan sumber vitamin D sendiri, kuning telur, ikan, dan hati merupakan makanan yang alami. Untuk produk olahan, sumber vitamin D yang terbaik masih pada susu sapi, susu kedelei, ataupun margarine. Dan untuk melihat seberapa besar kadar vitamin D pada produk olahan tersebut, Anda bisa melihatnya dari label kemasan produk tersebut.

Jadi, jika Anda ingin anak Anda memiliki tubuh yang tinggi, jangan hanya memberikan anak makanan atau minuman yang mengandung kalsium saja sebagai nutrisi untuk pertumbuhan tulang anak Anda tapi juga memiliki kandungan vitamin D agar tubuh menyerap zat kalsium lebih banyak.

error: Content is protected !!